Sabransyah: “Semua berdasarkan usulan warga dalam Musrenbangdes”

Ketua DPRD Kubar, Ridwai, memimpin 5 Anggota DPRD Kubar lainnya dalam kunjungan kerja ke Kampung Balok Asa pada Kamis, 9 Juli 2020. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Wakil Rakyat yang duduk di Komisi I DPRD Kabupaten Kutai Barat berkomitmen mengawasi penggelolaan Alokasi Dana Desa dan Alokasi Dana Kampung di ‘Tanaa Purai Ngeriman’. Tidak hanya di atas meja atau dari gedung mereka berkantor, tapi dengan turun langsung ke setiap kampung. Kampung Balok Asa, Kecamatan Barong Tongkok, jadi salah satu yang dikunjungi pada Kamis, 9 Juli 2020 lalu.

“Di Balok Asa ini sudah terlaksana (pengelolaan dana desa) dengan baik. Terbukti dengan pemerintah kampung publikasikan kegiatan yang dilakukan menggunakan Dana Desa melalui media massa,” kata Ketua Komisi I DPRD Kubar, Arkadius Elly, dalam perbincangan di Kantor Pemerintah Kampung Balok Asa.



Politisi Partai Amanat Nasional ini mengatakan, Dana Desa dan ADK sangat besar nilai dan manfaatnya bagi setiap kampung. Untuk itu, harus dikelola dengan baik. “Supaya kegiatan yang berasal dari keduanya bisa terlaksana dengan maksimal dan dapat dipertanggungjawabkan,” pesannya.

Menurut Ketua DPRD Kubar, Ridwai, kunjungan atau pantauan mereka untuk melihat sejauh mana realisasi penyaluran Dana Desa. Termasuk melihat apakah ada kendala dalam pelaksanaan kegiatan fisik dan pelaporannya.

Tidak hanya soal dana desa, kedatangan Dewan juga untuk melihat upaya yang dilakukan kampung dalam pencegahan dan penanganan pandemi mendunia saat ini. Yakni wabah Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19. “Kami sekaligus monitoring (memantau) pelaksanaan kegiatan yang dianggarkan dalam APBD Kabupaten Kutai Barat,” tegas Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini.

Ketua DPRD Kubar, Ridwai, duduk santai bersama Minarsih dan Yono Rustanto Gamas di ruang kerja Kepala Kampung Balok Asa. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

“Pelaksanaan kegiatan sudah dilakukan dengan baik,” ujar Potit, yang juga Politisi adalah Politisi PDI Perjuangan yang duduk di Komisi I DPRD Kubar. Tiga politisi lain turut hadir dalam monitoring tersebut. Yakni Minarsih dari Partai Persatuan Indonesia, Yono Rustanto Gamas dari Partai Hanura dan Syaparuddin, Wakil Rakyat dari Partai Kebangkitan Bangsa.

Diungkapkan Ketua Badan Perwakilan Kampung Balok Asa, Sabransyah, pelaksaan kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Kampung Balok Asa sudah sesuai mekanisme. “Semua rencana pembangunan berdasarkan usulan warga dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa,” jelasnya di hadapan para Wakil Rakyat.

Dijelaskan Kepala Kampung atau Petinggi Balok Asa, Susanto, ada tiga kegiatan pembangunan yang sudah dilakukan. Yakni Pemakaman Umum yang terletak di wilayah RT 5, Semenisasi Gang Family sepanjang 70 meter di RT 7, dan Semenisasi Jalan Pendidikan sepanjang 70 meter di RT 3. Sumber dana ketiga kegiatan itu dari APBD Kubar.

Kepala Kampung Balok Asa, Susanto, memberi penjelasan seputar pelaksanaan pembangunan kepada Ketua Komisi I DPRD Kubar, Arkadius Elly. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

Dana Desa dan ADK Balok Asa, lanjutnya, sebagian telah dialokasikan untuk penanganan dan pencegahan Covid-19. Salah satunya dengan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa bagi 100 kepala keluarga. Termasuk pendirian dan pengoperasian sejumlah Posko Covid-19 di wilayah tujuh rukun tetangga. Juga pengadaan alat pelindung diri seperti cairan disinfektan dan masker.

Untuk infrastruktur, telah dibangun dua permandian umum di Sungai Ungkuq wilayah RT 5 dan Sungai Muyo di RT 4. Bidang pertanian dan perkebunan, telah diadakan handtractor atau mesin bajak mini. “Kami juga lakukan pengadaan notebook dan printer untuk memudahkan tugas tujuh Ketua RT,” kata Susanto.

Pencairan Dana Desa tahap berikutnya, pihak pemerintah kampung merencanakan sejumlah kegiatan. Antara lain, pembangunan Jembatan Sungai Lebuh Ulu, semenisasi jalan dalam kampung, pembangunan dua Pos Kamling di RT 3 dan RT 4. Serta pembukaan jalan baru dari Sungai Encapm di RT 7 yang melintasi Ungkuuq-Begur-Nager.



Susanto berterimakasih atas kunjungan Ketua DPRD dan Komisi I DPRD Kubar. Sekaligus menyampaikan aspirasi untuk rencana pembangunan di tahun berikut atau 2021. Yakni semenisasi Jalan Usaha Tani di wilayah RT 6 sebagai akses penghubung dengan Kampung Juhan Asa dan Kampung Awai di Kecamatan Nyuatan.

“Ini juga jadi akses utama menuju obyek wisata Jantur Dora dan Jantur Sewet,” tutup Petinggi Balok Asa yang didampingi para Staf dan Ketua RT. #Sunardi

Komentar Anda

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here