Sekda: “Jadi Sarana Tumbuhkan Patriotisme dan Nasionalisme Siswa”

Sekretaris Kabupaten Kutai Barat, Yacob Tullur, memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional, Rabu 2/5/2018 di Taman Budaya Sendawar, Barong Tongkok. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas 2 Mei, diperingati Pemerintah Kabupaten Kutai Barat, Rabu 2/5/2018 pagi tadi. Tidak sekedar upacara, kegiatan ini diisi penyerahan penghargaan bagi para pelajar di beberapa kategori atau bidang lomba. Yakni pemenang dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), serta Olimpiade Sains Nasional. Juga penghargaan bagi perusahaan yang dinilai memiliki kepedulian terhadap pembangunan pendidikan di wilayah Kubar.

Penghargaan bagi siswa dalam O2SN diberikan kepada pemenang lomba Karate, Bulutangkis dan Atletik. Sedangkan FL2SN untuk bidang Musik Tradisional, Tari Tradisional, Gambar Bercerita, Pantonim dan Menyanyi Solo. Kemudian adalah lomba OSN yang berisi kategori bidang studi IPA, IPS dan Matematika. Terakhir adalah penyerahan peraih Ujian Nasional Terbaik se-Kubar, Sekolah Berkarakter Budaya, Sekolah Sehat, dan Pengelolaan Unit Kesehatan Sekolah Terbaik.

Pemkab Kubar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga memberikan penghargaan kepada sejumlah perusahaan. Yakni PT Trubaindo Coal Mining. PT Bharintho Ekatama, Pamapersada Nusantara Distrik TCM dan BEK, PT Gunung Bara Utama, PT United Tractor Site Damai, dan World Wide Found For Natune Kubar serta Bankaltimtara Kantor Cabang Sendawar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Barat bersama Sekda Kubar, Yacob Tullur, menunjukkan salah satu piagam penghargaan yang diserahkan pada peringatan Hari Pendidikan Nasional. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Selain dihadiri ratusan pelajar dari berbagai sekolah, puluhan Kepala Organisasi Perangkat Daerah juga tampak mengikuti upacara. Acara menjadi lebih menarik dengan ditampilkannya lagu wajib dan lagu daerah (leleng) oleh para siswa SMA Negeri 2 Sendawar. Dan Tari Kolosal yang dipersembahkan puluhan remaja putra dan putri binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubar.

Dikatakan Sekretaris Kabupaten Kubar, Yacob Tullur, momentum ini bukan hanya sekedar seremonial. Atau hanya untuk memperingati hari kelahiran Ki Hajar Dewantara sebagai Bapak Perintis Pendidikan Nasional. “Peringatan Hardiknas juga menjadi monetum untuk menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme,” ujarnya saat Upacara Peringatan Hardiknas Tahun 2018, Rabu 2/5/2018 di Taman Budaya Sendawar, Barong Tongkok.

Dijelaskannya, Pemkab Kubar periode 2016-2021 memberikan perhatian khusus pada bidang pendidikan. Dengan mengalokasikan dana guna peningkatan mutu dan kualitas pendidikan. Sebab standar kualitas pendidikan diakuinya memiliki peran yang sangat strategis dalam proses pembangunan di Kubar.

“Ini juga untuk suksesnya rumusan misi pembangunan pada poin kedua. Yakni peningkatan kualitas SDM melalui penyediaan pelayanan kesehatan dan pendidikan yang semakin berkualitas, serta menjangkau seluruh lapisan masyarakat,” kata Yacob Tullur.

Tari Kolosal yang dibawakan para pelajar dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional di Taman Budaya Sendawar, merupakan binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubar. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Dalam kegiatan bertema Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan itu, kata sambutan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhajir Effendy, juga dibacakan Sekda. Antara lain, momen peringatan Hardiknas ini untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan. Momen ini juga agar lebih berkomitmen dalam berikhtiar membangun pendidikan yang hidup. “Jika pendidikan kita subur dan rindang, akar kebudayaan akan lebih menghujam kian dalam tanah tumpah darah Indonesia,” ucapnya.

Menteri meminta agar menyatukan tekad untuk memajukan serta menguatkan pendidikan dan kebudayaan. Berusaha keras memperluas akses pendidikan yang berkualitas, agar memiliki presisi atau ketelitian yang tinggi sesuai tuntutan masyarakat. Yakni terciptanya lapangan kerja dan kebutuhan pembangunan.

Salah satu penguatan tripusat pendidikan adalah pelibatan keluarga dalam mendukung sukses pendidikan anak. Serta penguatan karakter dalam menumbuhkembangkan karakter dan literasi anak indonesia. “Semua pihak harus bergandeng tangan, bahu-membahu, dan bersinergi memikul tanggung jawab bersama dalam menguatkan pendidikan,” jelas Yacob Tullur. #Lilis Sari/Advertorial

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here