Rencana Pembentukan Yonif 612 dan 7 Kompi

3005_Komandan Kodim 0912Kubar

BARONG TONGKOK – Komando Daerah Militer VI Mulawarman berencana mendatangkan seribu lebih tentara ke Kabupaten Kutai Barat. Pasukan ini akan mengisi sebuah Batalyon Infanteri yang akan dibentuk dengan tujuh kompi yang masing-masing beranggotakan 100 tentara. Markas Yonif dan Kompi tersebut akan dibangun di wilayah Komando Distrik Militer 0912/Kubar.

“Masih dalam pembahasan dimana lokasi pembangunan Mako Yonif dan Kompi itu. Ada tiga lokasi yang direncanakan menjadi areal mako untuk Batalyon Diperkuat ini,” kata Komandan Kodim 0912/Kubar, Letnan Infanteri Hendriawan Senjaya. Hal itu dikatakannya usai Pencanangan Program Manunggal KB dan Kesehatan, Provinsi Kaltim di Wilayah Komando Distrik Militer 0912/Kutai Barat, Senin 30/5/2016 pagi.

Mantan Komandan Yonif 413/Bremoro Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat ini menjelaskan, ada tiga lokasi bakal Mako Yonif yang telah berkode 612 tersebut. Yakni di wilayah Kabupaten Mahakam Ulu, tepatnya di Kecamatan Long Bagun. Di tempat itu akan dibentuk dua Kompi. Kemudian di wilayah Kubar akan dibangun Mako Yonif dan lima Kompi, yang akan dipilih antara di Kecamatan Mook Manar Bulatn atau di Kecamatan Bentian Besar. Hal itu sesuai hasil kunjungan kerja Wakil Asisten Perencanaan Kodam VI/Mulawarman, Letkol Infanteri Iwan Budiarso, Mei 2016 ini.

Soal dimana daerah terbaik menurut TNI, Hendriawan Senjaya menyebut masih dirapatkan di internal TNI dan akan dibahas dengan pihak Pemkab Kubar dan Mahulu. “Yang dicek kemarin bersama Waasren, berada di Kampung Sakaq Lotoq Kecamatan Mook Manar Bulatn. Idealnya 1 Kompi lahannya seluas 20 hektar. Jadi dengan fasilitas perumahan dan latihan, butuh lahan setidaknya 100 hektar untuk Yonif dan 7 Kompi,” terang pria yang pernah menjabat Kasi Operasi Divisi Infanteri 2/Kostrad di Malang ini.

Soal nama Yonif, menurut Hendriawan Senjaya, juga masih dirapatkan. “Harus mengadopsi kerifan lokal. Bisa saja nama kerajaan atau tokoh lokal,” kata pria lulusan Angkatan Militer tahun 1998 dan pernah menjadi salah satu dari 100 prajurit TNI dari Kompi dan Markas Batalyon Kontingen Garuda XXIII-E/UNIFIL, yang bertugas latihan bersama Tentara Perancis di Libanon, Agustus 2011 lalu.    #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here