Rencanakan Bangun Dojang di Barong Tongkok

Ketua Pengurus Cabang Taekwondo Indonesia Kabupaten Kutai Barat, Sersan Mayor Nedi SH MHum, mentiapkan sejumlah rencana untuk mempertahankan tradisi atlet Taekwondo Kubar sebagai peraih medali emas di Pekan Olahraga Provinsi Kaltim. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Tidak hanya di kancah Provinsi Kalimantan Timur, atlet Taekwondo Kabupaten Kutai Barat pernah menjadi utusan Indonesia di luar negeri. Meraih medali emas seakan menjadi tradisi bagi para Taekwondoin Kubar, jika berlaga di lingkup Kaltim. Mempertahankan tradisi itu, menjadi tugas pengurus organisasi olahraga beladiri ini di Kubar.

Ketua Pengurus Cabang Taekwondo Indonesia Kubar, Sersan Mayor Nedi mengatakan, tidak mudah mengemban amanah yang dibebankan padanya. Instruksi Ketua Harian TI Kaltim, Alfons Lung, agar mempertahankan tradisi meraih medali emas, tidak ringan. “Kita sudah menyusun strategi untuk setidaknya menjadi peraih medali di Porprov (Pekan Olahraga Provinsi) ke-VI Kaltim,” ujarnya, Sabtu 16/9/2017.

Nedi menjelaskan, untuk berlaga di Porprov VI Kaltim tahun 2018, sejumlah persiapan telah dan akan dilakukan. Termasuk persiapan ke Prakualifikasi Porprov Kaltim di Kabupaten Kutai Timur, dengan melaksanakan Training Center atau Pusat Pelatihan. Puluhan Taekwondoin dari 8 Ranting di Kubar, akan berkumpul sesuai jadwal yang telah disusun. Ranting itu adalah, SMAN 1 Sendawar Melak, SDN 004 Melak, Mook Manaar Bulatn, SMAN 2 Sendawar Barong Tongkok, SMP Katolik WR Soepratman, Dilang Puti, SMPN 4 Sendawar dan Muara Lawa.

Nedi, saat menerima pataka Taekwondo Indonesia dari Ketua Harian TI Kaltim, Alfons Lung. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Tidak hanya Porprov Kaltim 2018, TI Kubar juga telah mempersiapkan rencana jangka panjang. Untuk terus meraih prestasi, bertekad membangun tempat latihan para Taekwondoin atau Dojang di kawasan Barong Tongkok. Dengan melibatkan berbagai pihak, seperti KONI Kubar dan Pemkab Kubar. “Agar menjadi pusat pelatihan bersama atlet dari seluruh Ranting di Kubar,” jelas Nedi.

Program lainnya, TI Kubar akan membuka Ranting di 16 kecamatan se-Kubar. Untuk mencari bibit-bibit atlet yang handal dan matang. Sehingga potensi Takwondoin Kubar makin meningkat. Berikutnya adalah menyelenggarakan pertandingan Taekwondo mulai tingkat kecamatan sampai kabupaten. “Agar bisa menambah motivasi dan dedikasi para Taekwondoin kita menuju sejumlah ajang di Kaltim dan Nasional, bahkan mancanegara,” pungkas Nedi.

Melalui Aklamasi, Nedi terpilih menjadi Ketua Pengcab TI Kubar untuk periode 2017-2021. Ia dipilih dalam Musyawarah Cabang le-IV TI Kubar di Hotel Sidodadi Barong Tongkok, Sabtu 9/9/2017. Menggantikan Jackson John Tawi yang telah memimpin TI Kubar sejak tahun 2011, Nedi dipercayakan untuk mengharumkan nama Kubar di ajang Taekwondo.

“Saya siap bekerja sebaiknya, setidaknya bisa mempertahankan prestasi yang telah diraih TI Kubar selama ini. Dengan petunjuk dari para senior, seperti pak John Tawi, serta para Saboeumnim yang selalu mendampingi Taekwondoin,” ucap Nedi, yang menyandang sabuk DAN 1.

“Jangan kuatir, meski tidak lagi ketua, saya tetap berada di belakang untuk mendukung atlet taekwondo. Taekwondoin harus selalu semangat, jujur dan kreatif sebagai atlet,” ujar John Tawi saat Muscab. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here