H Sopiansyah: “PAN ini ibarat gadis cantik, sangat menarik dan diperebutkan”

Ketua DPD PAN Kabupaten Kutai Barat, H Sopiansyah, menerima pendaftaran Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubar FX Yapan-H Edyanto Arkan pada Rabu, 25 September 2019. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Partai Amanat Nasional atau PAN belum memastikan siapa figur yang mereka jagokan di Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kutai Barat Tahun 2020. Partai ini tidak terburu-buru dalam menerbitkan rekomendasi untuk Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubar periode 2021-2024. Apakah murni memberikan dukungan kepada sosok selain kadernya? Itu pun belum bisa dipastikan.

Dikatakan Ketua DPD PAN Kubar, H Sopiansyah, diundurnya tahapan Pilkada Serentak oleh KPU RI, mempengaruhi langkah politik partainya. “Masih lama, belum tentu juga pasti diundur jadi Desember 2020 ini,” ungkapnya kepada KabarKubar melalui telepon pada Kamis, 4 Juni 2020.



Menurut Sopiansyah, internal partai tentu menginginkan ada sosok kader yang dipilih sebagai salah seorang bakal calon. Namun keputusan utama ada pada DPP PAN di Jakarta. “Baliho memang sudah ada gambar pasangan, tapi bisa saja berubah,” katanya.

Sopiansyah mengumpamakan PAN dengan tiga kursi di DPRD Kubar sebagai seorang gadis cantik. Sebab tidak hanya jumlah kursi, tapi pemilih yang cukup signifikan di tiga daerah pemilihan. Sehingga bisa menjadi modal kuat bagi pasangan kandidat yang bertarung di Pilkada Kubar 2020.

“PAN ini ibarat gadis cantik, sangat menarik dan diperebutkan. Tiga kursi kami dapat dari tiap dapil. Kita tunggu saja keputusan DPP, tapi yang jelas bisa berubah dari yang tampak saat ini,” pungkasnya.

Martinus Herman Kenton saat melamar sebagai Bakal Calon Bupati Kubar di DPD PAN Kubar dan diterima Pembina DPW PAN Provinsi Kaltim Wilayah Kubar dan Mahulu, Eddy Akhmadi. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Sebelumnya, Sopiansyah tidak memungkiri pernah menjadi bagian dari Partai Golkar yang menjadi pendukung utama pasangan H Ahmad Syaiful dan Asrani. Selain pernah menjabat

Pimpinan Tingkat Kecamatan Golkar Kecamatan Melak, 10 tahun lalu pernah jadi calon legislatif dari Partai Golkar. Terlebih Asrani, yang tadinya menjabat Asisten III Sekretariat Kabupaten Kubar, telah menjadi kader PAN.

Pasangan H Ahmad Syaiful dan Asrani, mendaftar di DPD PAN Kubar pada Sabtu, 21 Mei 2019 di Sekretariat DPD PAN Kubar, Jalan Gajahmada Kelurahan Melak Ulu Kecamatan Melak. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Saya harap ketua umum (Zulkifli Hasan) bisa memberi rekomendasi terhadap pasangan ini,” katanya pada Sabtu, 21 Mei 2019 di Sekretariat DPD PAN Kubar, Jalan Gajahmada Kelurahan Melak Ulu Kecamatan Melak .

Mendukung FX Yapan dan H Edyanto Arkan di Pilkada Kubar tahun 2015, PAN juga berharap pasangan ini akan kembali menjadi pemenang. Selama pasangan ini memimpin Kubar di periode 2016-2021, PAN aktif membantu pemerintah di lembaga legislatif. Sebagai Politisi Senior, Yapan diyakini tahu mekanisme di DPP PAN.

“Mudahan Yakan (Yapan dan Arkan) kedua ini bakal menang. Kalau sudah menang, jangan lupa PAN Kubar,” kata Sopiansyah sewaktu menerima pendaftaran Yapan dan Edyanto Arkan sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubar di DPD PAN Kubar.



“Saya berharap bisa menjadi seorang pemimpin yang memperhatikan dan membangun secara merata. Karena kami lihat pembangunan Kubar saat ini kurang adil dan merata. Kami berdiri di sini untuk ikut berkompetisi memajukan Kubar ini,” ujar Martinus Herman Kenton, saat mendaftar sebagai Bakal Calon Bupati Kutai Barat di Sekretariat DPD PAN Kubar pada Rabu, 25 September 2019.

Pembina DPW PAN Provinsi Kaltim Wilayah Kubar dan Mahulu, Eddy Akhmadi, mengakui partainya terbuka bagi seluruh warga Kubar. Ia meminta Nus Kenton membangun komunikasi dengan pihak DPW PAN dan DPP PAN di Jakarta. “Mudah-mudahan bakal calon ini direkomendasikan oleh DPP,” ungkapnya. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here