Akui Hasil Survei Nyatakan Pasangan Yakan Terbaik

Ketua DPD Partai Persatuan Indonesia Kabupaten Kutai Barat, Darsono Edward (tengah), saat berdiskusi bersama Ketua DPD PAN Kubar dan Ketua DPD Partai Nasdem Kubar. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Partai Persatuan Indonesia menempati urutan ke 10 dalam perolehan suara pada Pemilihan Umum tahun 2019 di Kabupaten Kutai Barat. Atas raihan total 2.729 suara dari tiga daerah pemilihan, partai bernomor urut 9 ini meraih satu kursi di DPRD Kubar. Satu kursi itu pun dilirik para kandidat yang akan bertarung di Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kubar tahun 2020.

Ditanya kepada siapa rekomendasi partai politik besutan Hary Tanoesoedibjo itu diberikan, Ketua DPD Partai Perindo Kubar, Darsono Edward enggan berkomentar banyak. “Kami tunggu dari DPP (Dewan Pimpinan Pusat) saja, karena kewenangan mutlak dari sana,” katanya lewat pesan singkat pada Selasa, 10 Maret 2020.



Darsono yang pernah duduk sebagai Anggota DPRD Kubar periode 2004-2009, mengakui telah menyampaikan berkas figur yang mendaftar di partainya secara berjenjang. Setelah disampaikan ke Dewan Pimpinan Wilayah Partai Perindo Provinsi Kalimantan Timur, diteruskan ke DPP di Jakarta.

Ia mengatakan, sejumlah hal diyakini menjadi pertimbangan Tim Penjaringan Pasangan Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati. Jika dasar pertimbangannya dilihat dari hasil survei sebagaimana yang dilampirkan bersamaan dengan berkas bakal calon, maka petahana dinilai unggul. Yakni pasangan FX Yapan dan H Edyanto Arkan (Yakan).

“Survei tertinggi Yakan dan selanjutnya ASA (H Ahmad Syaiful-Asrani). Sedangkan MAS (Martinus Herman Kenton-H Abdul Azizs) sudah maju dari jalur independen (perseorangan), jadi hanya ada dua balon (bakal calon) saja,” ujar Darsono.

“Kami serahkan ke DPP, mereka yang punya kewenangan. Kalau DPW itu sifatnya hanya memfasilitasi,” pungkas Darsono yang pernah menjabat Ketua DPC Partai Damai Sejahtera Kubar.



Untuk diketahui, Partai Perindo meraih 1.947 suara di Daerah Pemilihan Kutai Barat 1. Dari hasil tersebut, Minarsih berhak duduk di kursi DPRD Kubar untuk periode 2019-2024. Perempuan yang bernomor urut 3 ini meraih suara 683. Lalu di Dapil Kubar 2 mendapat 505 suara, dan Dapil Kubar 3 hanya mengantongi 277 suara.

“Kami akan mengurusnya (rekomendasi) ke DPP di Jakarta,” singkat Ketua DPW Partai Perindo Kaltim, Hamdani HB melalui telepon pada Selasa, 10 Maret 2020. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here