Diselingi Lagu dan Tarian Daerah

2508_Pencabutan Undian Nomor Urut Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Mahakam Ulu (3) LONG BAGUN – Tiga pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Mahakam Ulu telah memiliki nomor urut di Pilkada Serentak, 9 Desember 2015 mendatang. Dua pasangan diusung partai politik dan satu pasangan dari jalur perseorangan atau independen. Pengundian dan Pengumuman Nomor Urut itu digelar KPU Mahulu di Amin (Lamin) Adat Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Selasa (25/8/2015).

Pasangan Bonifasius Belawan Geh dan Juan Jenau yang diusung tiga parpol (Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) mendapat nomor urut 1. Pasangan Politisi dan Birokrat ini didukung 8 kursi di DPRD Mahulu. Selanjutnya pasangan Muhammad Syafri Ruslan dan Valentinus Tingang, mendapat nomor urut 2. Pasangan ini diusung Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Demokrat dan Partai Nasional Demokrat dengan 6 kursi di DPRD Mahulu.

2508_Pencabutan Undian Nomor Urut Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Mahakam Ulu (1)Nomor urut 3 menjadi milik pasangan Stanislaus Liah dan Kila Ulee Herman yang maju melalui jalur independen. “Semoga proses demokrasi yang aman dan tentram di Mahulu ini menjadi contoh bagi kabupaten lain,” ujar Ketua KPU Provinsi Kalimantan Timur, Mohammad Taufik, yang memimpin acara. Dari Samarinda, Taufik didampingi tiga Komisioner KPU Kaltim lainnya. Yaitu Divisi Tehnis Penyelenggaraan Pemilu Rudiansyah, Divisi Hukum Syamsul Hadi dan Divisi Sosialisasi Viko.

Acara yang dihadiri lebih dari 500 simpatisan dan tim kampanye masing-masing kandidat, baru dimulai pukul 10.25 wita. Sebab salah satu paslon terlambat dua jam lebih dari jadwal yang tertera di undangan yang dibuat KPU Mahulu. Diawali paduan suara dari SMAN 1 Long Bagun yang membawakan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemudian membawakan dua lagu wajib. Sepasang remaja berpakaian adat tradisional, menyanyikan lagu daerah Dayak Kenyah. Disusul tari tradisional yang dibawakn empat remaja Dayak Bahau.

Giliran pertama mengambil nomor undi diberikan KPU Mahulu kepada Kila Ulee Herman yang mendapat nomor 2. Lalu Valentinus Tingang dengan nomor 3 dan Juan Jenau mendapat nomor 1. Terakhir, kandidat bupati dipanggil untuk mengambil nomor urut. Hasilnya, Bonifasius mendapat nomor urut 1. Stanislaus mengambil nomor urut 3 dan nomor yang sisa menjadi jatah Ruslan.

Usai mendapat nomor urut, KPU Mahulu memberikan kesempatan kepada Kepala Adat Kampung Ujoh Bilang, Bith Unyang untuk melakukan ritual adat Dayak Bahau.     #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here