Rudi Setiawan: “Enjoy saja,”

Dandim 0912/KBR yang lama dan baru bersama dua bupati. Kapolres Kubar, Wakil Bupati Kubar dan Sekretaris Kabupaten Kubar, pada acara Pisah Sambut Dandim 0912/KBR di Ruang Aji Tulur Jejangkat, Kamis 13/12/2018 malam. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Bupati Kutai Barat, Fransiskus Xaverius Yapan, dan Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh, mengakui kinerja Letnan Kolonel Infanteri Rudi Setiawan cukup baik. Menjabat Komandan Komando Distrik Militer 0912/Kutai Barat selama 14 bulan dan dua hari, Rudi Setiawan telah banyak berbuat bagi wilayah dua kabupaten. Sebagai Dandim baru, Letkol Infanteri Anang Sofyan Effendi diingatkan untuk meningkatkan kinerja yang telah dicetak Dandim lama.



“Rasanya tidak ikhlas, tapi lembaga (TNI) membutuhkan,” ujar Bupati Kubar, FX Yapan dalam Acara Pisah Sambut Komandan Kodim 0912/KBR bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat Kubar dan Mahulu, Kamis 13/12/2018 di Auditorium Aji Tulur Jejangkat.

Atas nama pribadinya, Pemerintah Kabupaten Kubar, dan seluruh elemen masyarakat, Yapan menyampaikan rasa terima kasih kepada Letkol Rudi Setiawan. Karena merasa sangat terbantu di banyak bidang, terutama keamanan dan pembangunan untuk masyarakat. Salah satunya bidang ketahanan pangan, dan program TNI Manunggal Membangun Desa. “Semoga Dandim baru nanti bisa meningkatkan kerja sama yang baik ini,” harapnya.

Letnan Kolonel Infanteri Rudi Setiawan menerima cinderamata berupa lukisan fotonya dari para Perwira Pertama di jajaran Kodim 0912/KBR. 
SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Salah satu bukti adanya andil Kodim 0912/KBR membantu pembangunan, lanjut Yapan, keberhasilan Kubar meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan RI. Untuk itu ia meminta ditingkatkan kordinasi dan komunikasi. Sebab Kodim diakui sebagai salah satu aset daerah dan sebanyak 173.003 jiwa penduduk di 16 kecamatan.

“Bukti nyatanya, kita sudah tiga tahun dapat WTP dan dua tahun berturut-turut peroleh predikat pengelolaan keuangan terbaik Se-Kaltim. Kita bisa kalahkan Samarinda, Balikpapan dan Kutai Kartanegara. Itu berkat bantuan dari Kodim,” jelas Yapan.

“Semoga apa yang diraih Letkol Rudi bisa ditingkatkan oleh Letkol Anang. Tahun politik rawan gangguan keamanan, kita harus mampu jaga bersama. Selamat datang Dandim baru, mari jaga perbatasan,” ujar Bonifasius Belawan Geh, Bupati Mahulu.

Diakui Letkol Rudi Setiawan, banyak tantangan ditemui selama bertugas di wilayah perbatasan. Namun hal itu justru membuat semangat anggota TNI pun terus dipompa. Infrastruktur yang terbatas, membuat banyak waktu terbuang di perjalanan. “Semoga pengalaman ini membuat saya semakin tahu apa rancangan untuk pembangunan perbatasan. Sebab tugas di Mabesad (Markas Besar TNI Angkatan Darat) berhubungan dengan pembangunan perbatasan negara,” ungkap lulusan Akademi Militer tahun 1999 ini.

Letkol Rudi Setiawan berpesan, agar tidak mengeluh dalam setiap penugasan. Karena menurutnya, selalu ada hikmah didapat dalam setiap tugas. Daerah perbatasan dinilai justru selalu tampak keakraban yang sangat baik. “Jangan pernah mengeluh, nikmati saja, pasti ada hikmah dari Yang Maha Kuasa. Enjoy saja,” katanya.

“Terima kasih Bupati sudah banyak membantu Kodim. Pribadi yang sangat ceria, buktinya saya gemuk di sini. Bupati Mahulu juga banyak membantu. Saya pelajari, beliau sangat tenang dalam membangun dan punya visi kuat membangun perbatasan. Saya lihat nanti banyak program dari mabes TNI AD untuk perbatasan,” tukas Letkol Rudi Setiawan.

Acara Pisah Sambut Dandim 0912/KBR dihadiri ratusan tokoh masyarakat, pimpinan perusahaan, pegawai Pemkab Kubar dan para Prajurit TNI. 
SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Sebagai warga baru, kami mohon bimbingan dari pak bupati dan ibu. Letkol Rudi adalah senior kami di Akmil yang mengayomi adik-adik juniornya. Semoga apa yang telah disumbangkan melalui pemikiran dan tenaga beliau, dapat kami teruskan. Tentunya dengan bimbingan semua pihak dan jajaran Kodim,” kata Letkol Anang yang didampingi istrinya, Prima Yuliani Putri.

Pisah Sambut ini dihadiri juga Kepala Polres Kubar, AKBP I Putu Yuni Setiawan, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Mahulu Moch Japrie Ding dan Sekretaris Kabupaten Kubar, Yacob Tullur. Tampak juga sejumlah pimpinan perusahaan perkebunan sawit, pertambangan batubara dan perbankan yang beroperasi di Kubar. Acara diisi penampilan tari-tarian tradisional dan pertunjukan aksi Barongsai dari Kodim 0912/KBR.



Untuk diketahui, Letkol Rudi Setiawan resmi melepas jabatannya sebagai Komandan Kodim 0912/KBR, Rabu 12/12/2018. Melalui Serah Terima Jabatan dengan Letkol Anang di Markas Komando Resor Militer 091/Aji Surya Natakesuma, Jalan Gajahmada No.11Kota Samarinda. Letkol Anang merupakan jebolan Akmil tahun 2001, yang sebelumnya menjabat Pabandya Komsos Sterdam VI/Mulawarman. Letkol Anang menjadi Perwira Menengah TNI AD ke-8 yang memimpin Kodim 0912/KBR. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here