Jaringan Narkoba Berasal Dari Luar Mahulu

Polisi dari Satuan Reserse Narkoba Kepolisian Resor Kutai Barat menemukan narkoba jenis sabu saat menggeledah tersangka AJ (30) di rumahnya, di RT 2 Kampung Long Penaneh Kecamatan Long Apari, Rabu 4/4/2018. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

LONG APARI – KABARKUBAR.COM
Satuan Reserse Narkoba Kepolisian Resor Kutai Barat menangkap empat orang di wilayah Kecamatan Long Apari, Kabupaten Mahakam Uu, Rabu 4/4/2018. Mereka diduga pelaku tindak pidana peredaran narkotika dan obatan terlarang di daerah perbatasan negara tersebut. Dari tangan mereka diamankan barang bukti narkoba jenis sabu seberat 6 gram.

Diungkapkan Kepala Polres Kutai Barat, AKBP I Putu Yuni Setiawan, anggota Satresnarkoba meluncur ke perbatasan negara itu begitu menerima informasi dari masyarakat. Di perairan Sratah, Long Apari, petugas menangkap RSD (35). Pria asal Jawa yang berdomisili di RT 4 Kampung Tiong Ohang, Long Apari,

RSD dan SMD ditangkap di perairan Sratah, Long Apari dan diiterogasi di lokasi penangkapan. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Saat digeledah, ditemukan satu poket sabu seberat sekitar 2 gram di dalam tas pinggang hitam merek Eiger. Hasil interogasi, tersangka mengakui jika ia memperoleh sabu tersebut dari SMD (49) yang saat itu juga berada di TKP. Namun saat digeledah tidak ditemukan barang haram dari tangan SMD yang tercatat sebagai warga Lingkrajan Desa Giri Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

“SMD mengakui mendapat sabu dari AJ (30). Anggota pun meluncur ke rumah AJ di RT 2 Kampung Long Penaneh, dan menangkap tersangka dengan disaksikan Ketua RT setempat,” kata Kepala Satresnarkoba, Ajun Komisaris Polisi Jamhari, Jumat 13/4/2018.

Ditangkap tanpa perlawanan, Polisi mengamankan satu poket berisi sabu seberat kurang lebib 4 gram yang disimpan di dalam tas pinggang warna hitam merek Eiger. Sama seperti rekannya, AJ juga mengaku barang tersebut didapatnya dari orang lain, yakni SFN (45).

Tidak mau kehilangan buruan, petugas pun bergegas ke RT 3 Kampung Tiong Ohang, alamat tersangkan SFN. Pria ini pun diringkus dan dibawa ke Kantor Kepolisian Sektor Long Apari yang berjarak hanya ratusan meter dari rumah SFN.

“Tidak hanya 6 gram sabu, kami juga mengamankan sejumlah barang bukti. Yakni dua unit telepon genggam merek Samsung J5 dan J3 Prime, keduanya berwarna hitam. Lalu dua tas pinggangwarna hitam merek Eiger,” pungkas AKP Jamhari.

Jika terbukti di persidangan nanti, empat tersangka terancam dihukum kurungan hingga 15 tahun. Karena dikenakan Pasal 114 Ayat 1 subsider Pasal 112 ayat 1 Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here