Akan Disiapkan Ruangan Khusus Jurnalis dan Humas

Kepala Bagian Operasional Polres Kutai Barat, Kompol Sarman, meminta Jurnalis di Kubar untuk lebih sering berkomunikasi dengan Humas Polres Kubar. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Para Jurnalis yang ada di Kabupaten Kutai Barat, berdiskusi dengan Kepala Bagian Operasional Polres Kutai Barat, Komisaris Polisi Sarman, Selasa 22/8/2017 pagi tadi.

Wartawan media cetak, media daring atau online, dan juga media elektronik itu diminta untuk lebih sering datang ke Markas Komando Polres Kubar. Tidak hanya terkait hubungan profesi, juga memberi masukan untuk meningkatkan kinerja Polisi, khususnya bidang komunikasi.


Dari 7 media massa yang memiliki perwakilan di Kubar, ditambah KabarKubar sebagai media lokal, diharapkan dapat bekerjasama lebih baik lagi dengan Polres Kubar. Bukan bermaksud menonjolkan kinerja Polres Kubar di mata publik, Jurnalis diminta memberikan informasi yang membangun dari sisi humanisme kepolisian.

“Sekarang ini, Polisi dituntut untuk lebih terbuka. Kehadiran kawan-kawan Pers kami butuhkan juga untuk menginformasikan pelayanan kami,” kata Kompol Sarman di ruang kerjanya.

Kompol Sarman yang meminta masukan dari awak media, sebagai catatan untuk kinerja Polres Kubar, khususnya di Bidang Humas. Termasuk sarana yang dibutuhkan guna memudahkan tugas para Jurnalis dalam membuat dan mengirim laporan ke redaksi masing-masing. “Intinya, Polisi saat ini harus lebih terbuka kepada publik dengan memberi informasi kegiatan internal di media eksternal. Sehingga persepsi masyarakat akan lebih tepat dalam menilai kinerja kami,” jelasnya.

Para Jurnalis di Kutai Barat, berdiskusi dengan Kabag Ops Polres Kutai Barat, Kompol Sarman, Selasa 22/8/2017. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

“Kalau bisa ada ruangan khusus bagi awak media untuk berdiskusi, atau menunggu panggilan untuk mendapat informasi. Lebih bagus lagi kalau dilengkapi fasilitas internet, agar kami mudah mengirim laporan ke redaksi dan menggali data terkait,” ungkap Imran Yusran dari Surat Kabar Harian Koran Kaltim.


Pemimpin Redaksi KabarKubar, Sonny Lee Hutagalung, berharap ada seseorang yang didelegasikan untuk intens berkomunikasi dengan wartawan. Meski bukan Perwira, agar Jurnalis tidak ketinggalan informasi. “Sebab, jika berharap Pak Sarman misalnya, dan sedang sibuk, sementara ada informasi yang kami butuhkan, maka kami akan terlambat melaporkan atau menginformasikan kepada publik,” katanya.

“Segera akan kami sampaikan kepada bapak Kapolres, dan saya yakin permohonan itu bisa dipenuhi, karena memang itu juga kebutuhan kita semua,” kata Kompol Sarman.

Sebelumnya, Kapolres Kubar AKBP Pramuja Sigit Wahono, mengakui media mampu menggiring opini publik, baik itu positif maupun negatif. Terlebih dengan kecanggihan tehnologi dan kebebasan berekspresi, membuat arus informasi mengalir cepat. Media sosial pun turut mengundang berbagai perdebatan akan suatu informasi yang belum tentu akurat. Kehadiran media massa, dapat meluruskan informasi yang tidak benar.

“Itu sebabnya, Bapak Kapolri Jenderal Tito Karnavian telah mendorong Humas Kepolisian membina hubungan baik dengan media. Media juga dapat mengambil peran untuk menjaga stabilitas kamtibnas dengan pemberitaannya,” katanya baru-baru ini.
Reyber Benhouser Simorangkir


Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here