Prinsip Kerja Keras, Kerja Tuntas dan Kerja Ikhlas

Kedatangan Kepala Kepolisian Resor Kutai Barat, AKBP I Putu Yuni Setiawan dan istri, disambut Tradisi Pedang Pora oleh 12 Perwira Pertama, Minggu 10/12/2017. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – Untuk yang kesembilan kalinya, Kepala Kepolisian Resor Kutai Barat mengalami pergantian. Kali ini, Ajun Komisaris Besar Polisi Pramuja Sigit Wahono digantikan AKBP I Putu Yuni Setiawan. Pramuja yang merupakan lulusan Akademi Kepolisian Tahun 1998, resmi menjabat Kapolres Berau. Sedangkan Putu Setiawan adalah juniornya dari Akpol tahun 1999, merupakan Perwira Menengah yang lama berkarir di Polda Jawa Timur.

Sejak dimekarkan dari Polres Kutai di tahun 2001, Polres Kubar baru ditunjuk seorang Kapolres definitif di tahun 2004. Kapolres pertama adalah AKBP Nursaptono Djuhartono yang mulai bertugas sejak Oktober 2004 hingga November 2005. Sebelum Nursaptono, Polres Kubar dipimpin Kompol Halomoan Tampubolon sebagai Kapolres Persiapan sejak tahun 2002. Halomoan Tampubolon saat ini menjabat Kepala Bidang Pemberantasan Badan Narkotika Nasional Provinsi Kaltim dengan pangkat AKBP.

Para Perwira dan Bintara Polres Kubar mendengar arahan dari Kapolres Kubar yang baru di halaman belakang Markas Polres Kubar. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Berikut riwayat pergantian Kapolres Kubar sejak pertama hingga sekarang:

Kepala Polres Kubar Mulai Menjabat Akhir Menjabat
AKBP Drs Nursaptono Djuhartono Oktober 2004 November 2005
AKBP Heru Dwi Pratondo, SH, MM November 2005 Maret 2008
AKBP Drs. I Wayan Sunartha Maret 2008 November 2009
AKBP Raden Yosef Wihastono Yoga Pranoto, S.IK November 2009 Desember 2011
AKBP Handoyo, S.IK, M.Si Desember 2011 Mei 2013
AKBP Wahyu Purwadi Anggoro, S.IK Mei 2013 Mei 2015
AKBP Hindarsono, S.IK, M.Hum Mei 2015 November 2016
AKBP Pramuja Sigit Wahono, SIK November 2016 Desember 2017
AKBP I Putu Yuni Setiawan, SIK, MH Desember 2017 Sekarang

Putu Setiawan resmi menjabat Kapolres Kubar dalam serah terima jabatan 24 Perwira Menengah di Polda Kaltim, Rabu 6/12/2017. Sertijab dipimpin Wakil Kepala Polda Kaltim Brigadir Jenderal Polisi M Naufal Yahya di ruang Rupatama Mako Polda Kaltim.

Mereka yang bergeser jabatannya, antara lain Direktur Pembinaan Masyarakat dari Komisaris Besar Deddy Sudarwandi kepada Kombes Yudhi Faizal. Lalu Direktur Narkoba yang semula dijabat Kombes Kris Erlangga, beralih kepada Kombes Akhmad Shaury. Kemudian Kapolres Paser AKBP Dudy Iskandar digantikan AKBP Roy Satya Putra. Sedangkan AKBP Anwar Haidar menggantikan AKBP Fadillah Zulkarnaen sebagagi Kapolres Kutai Kartanegara.

Kapolresta Samarinda juga berganti. Dari Kombes Pol Reza Arief Dewanto kepada AKBP Vemdra Riviyanto. Dan AKBP Sabil Umar selaku Kapolres PPU menggantikan AKBP Teddy Ristiawan. Terakhir Kapolres Berau dijabat AKBP Pramuja Sigit Wahono yang menggantikan AKBP Andy Ervin. Kursi Kapolres Kubar dijabat AKBP I Putu Yuni Setiawan.

Putu Setiawan mengungkapkan, begitu lulus Akpol di tahun 1999, bertugas sebagai pimpinan satuan yang sekarang disebut Sentra Pelayanan Kepolisian di jajaran Polda Jatim. Hingga akhirnya masuk Sekolah Staf Pimpinan atau Sespim, dan mengabdi di Lembaga Pendidikan Polri. “Ini penugasan pertama saya di Pulau Kalimantan. Mohon kerja sama semua anggota untuk meningkatkan prestasi dan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya saat pengarahan singkat kepada 150 anggota Polres Kubar, dari Bintara hingga Perwira Pertama, Minggu 10/12/2017 di Mako Polres Kubar.

Kapolres Kubar yang baru, AKBP I Putu Yuni Setiawan memperkenalkan dirinya kepada 150 anggota Polres Kubar. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Karir Putu Setiawan lebih banyak di jajaran Polda Jatim dan sebagian di Polda Jawa Barat. Saat berpangkat Ajun Komisaris Polisi, ia pernah menjabat Kepala Satuan Reserse Kriminal di Polres Blitar, dan juga Kasat Reskrim Polres Purwakarta. Setelah mendapat pangkat satu melati di pundak atau Komisaris Polisi, ia dipercayakan menjabat Kepala Polsek Regol, Kota Bandung.

Pangkat yang sama, Putu dua kali menjabat Wakil Kepala Polres. Yakni Waka Polres Subang dan Waka Polres Cirebon Kota di Polda Jabar. Mendapat tambahan pangkat melati di pundak, Putu ditugaskan sebagai Kepala Sub Direktorat IV Sumber Daya Lingkungan Polda Jatim. Kemudian menjadi Kepala Sub Bidang Pertanggungjawaban Profesi Propam Polda Jatim, dan terakhir menjabat Kasubdit IV Tindak Pidana Tertentu Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jatim.

Diakuinnya, seluruh jajaran Polres Kubar tidak akan lebih santai, karena ada agenda penting. Yakni pengamanan Natal dan Tahun Baru. Juga pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim tahun 2018, serta Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019. “Saya ingin kita bekerja keras, bekerja tuntas dan bekerja ikhlas,” tegasnya dalam arahan kepada 41 Perwira Polres Kubar di Ruang Vicon Mako Polres Kubar. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here