Ketua RT Diadakan Notebook dan Printer

Salah satu pemandian yang dibangun Pemerintah Kampung Balok Asa yang bersumber Alokasi Dana Desa tahap pertama tahun anggaran 2020. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Bermacam program pembangunan yang bersumber dari Alokasi Dana Desa atau ADD telah direalisasikan Pemerintah Kampung Balok Asa. Tahap pertama pada tahun anggaran 2020 difokuskan pada Bantuan Langsung Tunai dan penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19. Tidak serta merta terealisasi, proyek dan pengadaan melewati proses dengan keterbukaan dan bermuara kepentingan masyarakat setempat.

Proyek infrastruktur yang telah rampung, adalah dua pemandian umum. Satu bangunan beratap ukuran 6 x 6 meter dengan pagu anggaran Rp32.382.000. Bangunan itu terletak di Sungai Ungkuq, wilayah RT 5. Satu lagi berukuran 4 x 6 meter senilai Rp31.282.000 di Sungai Muyo yang masuk wilayah RT 4.



“Bangunan ini merupakan usulan masyarakat yang ditampung melalui musyawarah perencanaan pembangunan kampung beberapa waktu yang lalu,” kata Kepala Kampung atau Petinggi Balok Asa, Susanto pada Rabu, 8 Juli 2020.

Tujuh Ketua RT di Kampung Balok Asa dilatih untuk mengoperasikan notebook dan printer yang diadakan dari Alokasi Dana Desa tahun anggaran 2020. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

Pada tahap ini juga, pemerintah kampung telah merealisasikan pengadaan tujuh set notebook atau komputer jinjing dan printer. Alat elektronik ini akan digunakan tujuh ketua rukun tetangga. Pengadaan ini diharap lebih menunjang kinerja para Ketua RT. Agar pelayanan administrasi warga bisa lebih mudah dan cepat.

“Contohnya ada warga yang membutuhkan surat keterangan domisili, Ketua RT tidak repot lagi mau ketik dan print (cetak) di mana. Nantinya Ketua RT yang buat surat, kami cukup mengetahui saja,” jelas Susanto.

Tahap pertama di tahun 2020 ini, ADD Balok Asa juga direalisasikan untuk pengadaan  satu unit handtracktor atau traktor mini. Alat yang bisa dioperasikan dengan mudah ini ditujukan untuk mengolah lahan untuk pertanian atau perkebunan. “Ada beberapa kelompok tani kita masih kesulitan dalam pengolahan tanah. Adanya handtracktor ini semoga bisa membantu,” imbuhsnya.



Untuk ADD Tahap Kedua tahun anggaran 2020, lanjutnya, telah direncanakan untuk empat item proyek. Yakni Pembangunan Jembatan Sungai Lebuh Ulu, Pembangunan dua unit Poskamling di RT 3 dan RT 4, Pembukaan Jalan Tani yang melintas Sei Encapm di wilayah RT 7 menuju Ungkuuq-Ohot-Nager.

“Ini untuk memberi kemudahan pada masyarakat, terutama petani untuk mengangkut hasil bumi. Semoga bermanfaat dan membantu,” tutup Susanto saat dikunjungi di ruang kerjanya, Jalan Abdi RT 3 Kampung Balok Asa.

Ketua Badan Perwakilan Kampung Balok Asa, Sabransyah, mengaku pembangunan yang dilakukan pemerintah kampung sangat bermanfaat bagi warga setempat. Untuk pengadaan dua jenis alat elektronik, dinilai langkah tepat. Karena memudahkan tugas pelayanan para Ketua RT.

Kepala Kampung Balok Asa, Susanto, tetap bersinergi dengan para Ketua RT dan pimpinan lembaga yang ada di wilayahnya.  SUNARDI/KABARKUBAR.COM

“Ini akan sangat membantu khusus Ketua RT dalam pelayanan pembuatan surat domisili, keterangan pindah dan lain-lainnya,” katanya saat serah terima dan pelatihan singkat pengoperasian  notebook dan printer untuk para Ketua RT.

Kepala Adat Balok Asa, A Japri M, mengaku lembaga adat sebagai mitra pemerintah kampung dalam pembangunan. Hal-hal yang merupakan kepentingan masyarakat, akan tetap didukung. “Kita mendukung apa yang dilakukan pemerintah kampung, selama dilakukan dengan baik dan  bermanfaat bagi masyarakat banyak,” katanya.



Ketua RT 4, Fredy, mengapresiasi kinerja kinerja Pemerintah Kampung Balok Asa dalam memajukan wilayahnya. Dengan mengutamakan aspirasi masyarakat yang merupakan kebutuhan mendesak.

“Manfaatnya sekarang dapat kami rasakan. Contohnya pada tahun lalu, telah dibangun semenisasi jalan yang melewati Sungai Gehiratn. Saat ini walaupun hujan, warga bisa melewati jalan tersebut, tidak takut jalan licin lagi,“ ungkapnya. #Sunardi

Komentar Anda

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here