Bantu Petani Dengan Membuka Sawah Baru

Komandan Komando Distrik Militer 0912/Kutai Barat, Letnan Kolonel Infanteri Rudi Setiawan. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Komando Distrik Militer 0912/Kutai Barat berhasil melakukan pekerjaan percetakan sawah seluas 15 hektar di Kecamatan Laham. Akhir tahun ini ditargetkan menyelesaikan 20 hektare lagi di Kecamatan Long Bagun, sebagai target keseluruhan 35 hektare di tahun 2017.

Menurut Komandan Kodim 0912/KBR, Letnan Kolonel Infanteri Rudi Setiawan, percetakan sawah itu menjadi salah satu tugas bagi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat. Sabagai upaya turut mendorong atau meningkatkan ketahanan pangan nasional sebagaimana dicanangkan Pemerintah Pusat. “Saat ini sudah 15 hektare berhasil dikelola, sisanya akan ditanami pada Desember 2017 nanti,” ujarnya, Rabu 1/11/2017 di ruang kerja.

Letkol Rudi Setiawan mengatakan, proyek yang dimulai oleh Dandim sebelumnya ini merupakan program  dari Kementerian Pertanian. Dikerjakan bersama Kodim 0912/KBR dan Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu. TNI sendiri hanya membantu petani, dan pemerintah daerah setempat melalui Dinas Pertanian mengatur Kelompok Tani.

Dandim optimis pencetakan sawah akan berjalan sesuai rencana yang ditentukan. Sebab lokasi bakal sawah sangat mendukung. Termasuk sistem pengairan dengan parit atau selokan yang sudah tersedia, dan lokasi yang strategis.

“Tujuan percetakan sawah, murni untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan cara menyediakan lahan persawahan siap pakai bagi warga untuk bercocok tanam,” ujar Rudi Setiawan yang pernah menjabat Komandan Batalyon Infanteri 614/Raja Pandhita yang bermarkas di Desa Belayan Kecamatan Malinau Utara, Kabupaten Malinau.

Rudi Setiawan menambahkan, program ini juga tindak lanjut dari program Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Yang ingin mewujudkan swasembada pangan di Tanah Air dengan cara menggandeng langsung TNI AD. “Bersama-sama dengan masyarakat, terus memperluas ketersediaan lahan persawahan. Baik dengan cara memanfaatkan lahan terlantar, maupun membuka lahan sawah baru,” pungkasnya. #Lilis Sari

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here