H Sopiansyah: “Kita tungu pelantikan Pengurus DPP PAN yang punya SK KemenkumHAM”

Ketua DPD PAN Kubar, H Sopiansyah, menerima berkas pasangan FX Yapan dan H Edyanto Arkan saat mendaftar sebagai Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubar pada Kamis, 19 September 2019. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Syarat untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Kutai Barat dari jalur partai politik adalah didukung sedikitnya parpol dengan lima kursi di DPRD Kubar. Saat ini, hanya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang dapat memenuhi syarat tersebut dengan enam kursi diperoleh dari Pemilihan Umum tahun 2019. Lalu bagaimana dengan parpol lain ? Apakah harus berkoalisi dengan ‘Kepala Banteng’ atau membentuk koalisi di luar?



Ketua DPD Partai Amanat Nasional Kubar, H Sopiansyah, mengakui partainya dilirik para kandidat menuju Pilkada Kubar tahun 2020 ini. Tiga kursi yang dimiliki di DPRD Kubar dari Pemilihan Legislatif tahun 2019, menjadi penarik minat para figur. Terhitung tiga pasangan bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubar telah mendaftar ke parpol ini.

Didahului pasangan petahana, FX Yapan dan H Edyanto Arkan yang sudah dipastikan maju dengan modal enam kursi PDI Perjuangan. Kemudian H Ahmad Syaiful dan Asrani yang dikabarkan mendapat dukungan dari Partai Golkar, pemilik tiga kursi di DPRD Kubar. Terakhir adalah pasangan Martinus Herman Kenton dan H Abdul Azizs yang belakangan sudah menyatakan niatnya maju lewat jalur perseorangan atau independen.

“Kami jelas harus koalisi, tapi belum bisa memastikan mendukung calon atau pasangan mana,” ungkap Sopiansyah kepada KabarKubar pada Kamis, 12 Maret 2020.

Martinus Herman Kenton mendaftar sebagai Bakal Calon Bupati Kubar ke DPD PAN Kubar pada Rabu, 25 September 2019. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Ia menjelaskan, rekomendasi dukungan belum bisa diterbitkan pihak Dewan Pimpinan Pusat PAN di Jakarta. Sebab, polemik yang timbul saat Kongres V PAN pada Februari 2020 lalu belum tuntas. Partai berlambang ‘Matahari Terbit’ itu masih menegaskan kubu mana yang mendapat pengesahan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

“Kita menunggu pelantikan Pengurus DPP PAN yang punya SK (surat keputusan) dari KemenkumHAM. Mungkin pelantikan diadakan tanggal 24-27 Maret 2020 ini di Jakarta. Barulah ada kejelasan soal rekomendasi Pilkada Kubar,” kata Sopiansyah.

PAN menjadi parpol dengan urutan ke enam peraih suara terbanyak Pemilu 2019 di Kubar. Total suara dikumpulkan dari tiga daerah pemilihan mencapai 6.272. Rinciannya, 1.770 suara dari Dapil Kubar 1, 2.037 di Dapil Kubar 2 dan 2.465 di Dapil Kubar 3. Parpol ini mendapat jatah tiga kursi di DPRD Kubar.

Pasangan H Ahmad Syaiful dan Asrani mendaftar di Sekretariat DPD PAN Kubar, Jalan Gajahmada, Melak pada Sabtu, 21 September 2019. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM 

Mereka yang beruntung jadi anggota parlemen Tanaa Purai Ngeriman adalah:

NO.

NAMA CALEG NO.URUT DAPIL

SUARA

1 Arkadius Elly, SH 1 3

1.863

2 H. Sopiansyah, S.Pi 1 2

1.152

3 Rita Asmara Dewi, SE 1 1

825

Sebagai Sekretaris DPD PAN Kubar, Arkadius Elly, mengakui persahabatan yang terjalin erat antara H Ahmad Syaiful dengan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan. Hal itu mempermudah langkah politik untuk mendapat rekomendasi dari DPP PAN di Jakarta. Meski demikian, Elly menegaskan keputusan soal rekomendasi menjadi pengusung ada di tangan DPP.



“Terima kasih sudah mendaftar dan mudah-mudahan ada jodoh. Semoga pasangan ini dapat restu dari pimpinan kami, untuk bisa maju dan menang di 23 September 2020,” kata Elly saat menerima pendaftaran pasangan Ahmad Syaiful-Asrani pada Sabtu, 21 September 2019 di Sekretariat DPD PAN Kubar, Jalan Gajahmada Kelurahan Melak Ulu, Kecamatan Melak. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here