Bupati Minta Program Kerjanya Sejalan dengan Program Pemerintah

Hj Nur Andriani Mahmud sebagai Ketua Badan Pengurus Wilayah Ikatan Wanita Sulawesi Selatan Provinsi Kalimantan Timur, mengukuhkan Pengurus Badan Pengurus Daerah IWSS Kabupaten Kutai Barat periode 2019-2024 di Taman Budaya Sendawar, Jumat 1/3/2019 malam. JHAY B ALFARIZHI/KABARKUBAR.COM 

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan resmi memiliki Badan Pengurus Daerah di Kabupaten Kutai Barat untuk masa bakti 2019-2024. Setelah Jumat 1/3/2019 malam tadi, dikukuhkan oleh Ketua Badan Pengurus Wilayah KKSS Provinsi Kalimantan Timur, H Andi Sofyan Hasdam. Warga KKSS diwajibkan untuk saling menghargai sesama suku, dan turut aktif dalam pembangunan di Kubar.

“Untuk itu tidak ada alasan warga kita untuk tidak berkontribusi dalam membangun Kubar. Sesuai dengan motto Bupati Kubar, Hari Esok Lebih Baik Dari Hari Ini,” Ketua Umum BPD KKSS Kubar, H Ahmad Syaiful, pada Pengukuhan BPD KKSS dan BPD Ikatan Wanita Sulawesi Selatan Cabang Kabupaten Kutai Barat periode 2019-2024, di Taman Budaya Sendawar.



Pria yang biasa disapa Haji Acong ini mengajak seluruh warga KKSS untuk selalu memegang teguh prinsip ‘Dimana Bumi Dipijak Disitu Langit Dijunjung’. Harus saling menghormati antara sesama suku di Kubar. Menjaga kerukunan dan kekeluargaan antar etnis atau suku. Sehingga diyakini akan terhindar dari benturan dengan suku lain. “Mari kita terus jalin persaudaraan untuk membangun Kubar yang adil untuk semua,” tegasnya.

Ketua BPW Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan Kaltim, H Andi Sofyan Hasdam, mengukuhkan BPD KKSS Kabupaten Kutai Barat. JHAY B ALFARIZHI/KABARKUBAR.COM

Dihadapan sekitar tujuh ribu masyarakat yang hadir, Haji Acong menekankan agar warga KKSS dan IWSS ingat pesan leluhur mereka. Yakni “Sipakatau Sipaka Lebbi” (Saling menghormati dan menghargai). Ia yakin warga KKSS dan IWSS akan menjadi contoh paguyuban yang sopan dan santun serta bersahabat dengan suku lain. Sebagai satu kesatuan masyarakat dalam membangun Kubar yang aman dan kondusif.

Berterima kasih atas amanat yang dipercayakan, ia berharap dukungan semua pihak. Amanat itu diyakini tidak ringan. Namun dengan dorongan dan motivasi yang telah diberikan, diharap tidak akan sia-sia. “Tanpa dukungan dari semua pihak, tentu kami tidak bisa berbuat apa-apa.

Saya memohon kita sekalian untuk bersama-sama menjalankan program kerja KKSS dengan semangat gotong royong. Yang dalam bahasa Bugis Rebba Sipatokkong, Mali Siparape, Maulu Dipakainge,” kata Haji Acong.

Pengukuhan BPD KKSS Kubar masa bakti 2019-2024 disaksikan ribuan masyarakat yang memadati kawasan Taman Budaya Sendawar. JHAY B ALFARIZHI/KABARKUBAR.COM

Sebagai Pemimpin KKSS di Kaltim, Andi Sofyan Hasdam meminta KKSS harus menjadi pilar dalam membantu pemerintah daerah membangun Kubar. Seraya memuji proses Musyawarah Daerah KKSS Kubar yang demokratis, ia meminta warga KKSS tidak menepikan diri di antara masyarakat setempat. “Mari katakan saya orang Kubar yang berasal dari Sulsel. Jangan bilang orang Bone, Pangkep atau Makassar,” ujarnya.

Pria yang pernah menjabat Walikota Bontang selama 10 tahun ini mengatakan, warga KKSS perlu ikut membantu Pemkab Kubar. Ia juga berharap Ketua dan warga KKSS yang maju sebagai Calon Legislatif di Pemilu 2019 bisa berhasil. Sehingga dapat membantu Bupati Kubar nantinya. “Kerja KKSS bukan membangun jalan atau jembatan. Tapi keberhasilan KKSS ada kalau bisa ikut membuat daerah aman,” tegas Sofyan Hasdam.

Dalam Komposisi BPD KKSS Kubar masa bakti 2019-2024 yang dibacakan Wakil Sekretaris BPW KKSS Kaltim, Syahrul Syamsudin, tertera 97 nama. Sebagai pengurus inti, adalah:

Ketua Umum               : H Ahmad Syaiful, SH
Sekretaris Umum        : Adi Asmar, A.Md Kep, S.Sos
Bendahara Umum      : Suhartini

Sementara itu, Bupati Kubar FX Yapan, menyadari perbedaan di negara ini menjadikan Indonesia negara kaya. Keberadaan KKSS diharap dapat wujudkan harmonisasi sosial dalam masyarakat. Dengan menerapkan sikap toleransi dan saling menghargai perbedaan yang ada. “Keamanan adalah modal kita membangun daerah,” katanya.

Andi Sofyan Hasdam meminta warga KKSS dan IWSS membantu pemerintah dalam membangun daerah. JHAY B ALFARIZHI/KABARKUBAR.COM

Ia juga mengakui, saat ini perempuan mulai menunjukkan keberadaan dan menjadi ujung tombak dalam pembangunan. Ia meminta IWSS ikut mengisi pembangunan. Serta menjadi mitra pemerintah dan swasta membangun Kubar. “Saya minta sebagai kepala daerah, program kerja KKSS dan IWSS agar sejalan dengan pemerintah,” pesan Yapan.



Pengukuhan malam tadi dihadiri ratusan tokoh masyarakat Kubar. Baik warga KKSS sendiri, dan paguyuban lainnya di Kubar. Tampak hadir Wakil Ketua MPR RI, H Mahyudin, yang juga mantan Bupati Kutai Timur. Ada juga Anggota DPRD Provinsi Kaltim Marthinus, Kepala Staf Kodim 0912/KBR Mayor Wahyudi, Kepala Seksi Intelijen Kejari Kubar Irawan EM, dan Kabag SumDa Polres Kubar Kompol Iswahyudi.

Acara tersebut dihibur dengan penampilan dua artis. Juara Liga Dangdut Indoneis tahun 2018, Selfi, dan Muhammad Irsyad Basir sebagai Juara Dangdut Academy tahun 2016 yang populer disebut Ical D’Academy. #Jhay B Alfarizhi

Komentar Anda

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here