Program Bantuan Dana Desa Mandiri Siap Gelontorkan Rp5 Miliar – Rp10 Miliar

RANTAU PULUNG – KABARKUBAR.COM
Ide kreatif warga Desa Tepian Makmur Kecamatan Rantau Pulung, Kabupaten Kutai Timur, direspon positif Calon Gubernur Kaltim nomor urut 4, Rusmadi Wongso. Mereka hendak mendirikan PAMdes atau Perusahaan Air Minum Desa untuk penyediaan air bersih. Jika memimpin Kaltim nanti, Rusmadi menyebut ada program bantuan dana desa mandiri Rp 5 miliar sampai Rp 10 miliar. Dan aitu bisa disalurkan mendukung embung di desa itu.

“Ide-ide yang seperti ini kita harapkan muncul dari masyarakat. Saya siap mendukung PAMdes dengan memodali membangun embung senilai Rp 3 miliar,” kata Rusmadi ketika silaturahmi di SP 7, Kamis 19/4/2018.

Dana desa mandiri Rp 5 miliar sampai Rp 10 miliar tidak semua desa bisa mendapatkannya. Dana ini, ketika Rusmadi menjabat Gubernur Kaltim akan disalurkan bagi desa yang siap untuk membangun daerahnya. Rusmadi berjanji selama lima tahun ke depan, akan fokus pada pembangunan di desa. Karena dalam 10 tahun bertugas bersama Gubernur Kaltim Awang Faroek, sudah membangun pusat-pusat perekonomian besar. Antara lain, jalan tol, jembatan Pulau Balang, pelabuhan, bandara dan kawasan industri Kariangau, Buluk Minung.

Seluruh proyek besar dikerjakan Rusmadi bersama Gubernur Awang Faroek, telah berhasil berjalan. “Hanya satu pekerjaan yang belum selesai yaitu kawasan industri Maloy yang belum beroperasi. Insya Allah, Maloy juga industrinya juga berjalan dengan  pabrik pembuatan turunan sawit yang diolah minyak goreng,” jelasnya.

Di Rantau Pulung, Rusmadi disambut semangat oleh masyarakat yang sejak lama menunggu kedatangan calon Gubernur Kaltim nomor urut 4. Warga berteriak “Rusmadi-Safaruddin, menang, menang, menang, menang”. Sambutan warga yang begitu semangat ini, membuat Rusmadi haru dengan begitu besarnya harapan masyarakat Rantau Pulung terhadap pemimpin baru. Rusmadi berjanji tidak menyia-nyiakan dukungan itu jika kelak diberi kesempatan memimpin Pemprov Kaltim.

Rusmadi tiba di Rantau Pulung, setelah menempuh perjalanan 140 kilometer sejak pagi dari Muara Wahau dan Bengalon. Pada pagi hari itu, Rusmadi sempat silaturahmi ke para tokoh masyarakat Kecamatan Muara Wahau. Di daerah ini, Rusmadi kaget karena diingatkan oleh seorang tokoh masyarakat yang pernah mendapat manfaat bantuan darinya ketika menjadi Kepala Bappeda Kaltim dan Sekda Provinsi.

“Ada seorang bapak tokoh masyarakat yang ingatkan saya, bahwa di Muara Wahau pernah dibantu pemerintah provinsi melalui saya sebagai Kepala Bappeda dan Sekda. Bantuannya ada Rp300 juta dan Rp400 juta beberapa tahun lalu. Mudah-mudahan, ketika nanti saya menjabat Gubernur Kaltim, saya tidak segan bantu Rp1 miliar dari pemerintah provinsi untuk Muara Wahau terutama rumah ibadah,” jelas Rusmadi. #Achmad Yusuf

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here