Ayonius: “Mari kita tinggalkan perbedaan yang kita lakukan selama ini”

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kutai Barat menegaskan FX Yapan dan H Edyanto Arkan (Yakan) sebagai pemenang dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kutai Barat Tahun 2020. Hal itu dinyatakan dengan Rapat Pleno Terbuka pada Jumat, 22 Januari 2021 di Sekretariat KPU Kubar pagi tadi.

“Nama Pasangan Calon Bupati Dan Wakil Bupati, FX Yapan SH dan Edyanto Arkan SE, Nomor Urut 2 dengan perolehan suara 49.141,” kata Ketua KPU Kubar, Arkadius Hanye, dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Terpilih Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kubar Tahun 2020.

Rapat Pleno Terbuka dihadiri empat Komisioner KPU Kubar lainnya. Yakni Simon Sebo Raga, Johanes Nuel, Laurensius Lejau, dan Rintar Pasaribu. Hadir pula Sekretaris Kabupaten Kutai Barat, Ayonius dan Sekretaris KPU Kubar, Syamsuniq. Serta Kepala Polres Kubar AKBP Irwan Yuli Prasetyo dan Komandan Kodim 0912/Kubar Letkol Infanteri Anang Sofyan Effendi.

Penetapan tersebut didasari Keputusan KPU Kabupaten Kutai Barat Nomor: 800/PL.02.6-Kpt/64.07/KPU-Kab/XII/2020. Tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kutai Barat Tahun 2020.

Juga berdasarkan Surat KPU RI Nomor: 60/PL.02.7-SD/03/KPU/I/2021 Tertanggal 20 Januari 2021, perihal Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pemilihan Serentak Tahun 2020. Yang kemudian disiarkan kepada publik dengan Pengumuman KPU Kabupaten Kutai Barat Nomor: 09/PL.02.7-Pu/64.07/KPU-Kab/I/2021. Tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati Dan Wakil Bupati Terpilih Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kubar Tahun 2020.

Yang juga telah disahkan dalam Berita Acara Nomor: 3/PL.02.7-BA/64.07/KPU-Kab/I/2021. Tentang Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Bupati Dan Wakil Bupati Terpilih Dalam Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Kutai Barat Tahun 2020.

Menurut Arkadius Hanye, tingkat partisipasi pemilih di Pilkada Kubar tahun 2020 lebih tinggi dari pesta demokrasi sebelumnya. Jika pada Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Kaltim tahun 2018 hanya mencapai 58,22 persen, dalam Pilkada Kubar naik menjadi 71,14 persen.

Semua diakui atas kerja keras semua pihak. Tidak hanya penyelenggara, tapi juga pihak keamanan, tim pemenangan masing-masing paslon dan seluruh masyarakat. “Dalam Pilkada kali ini, kita telah bersama tiga kapolres (Kapolres Kubar) sekaligus. Awal tahapan dengan pak Putu (AKBP I Putu Yuni Setiawan), dilanjutkan dengan pak Roy (AKBP Roy Satya Putra) dan diakhiri AKBP Irwan Yuli Prasetyo,” katanya dalam momen yang disiarkan secara live streaming melalui Facebook.

Mewakili pemerintah daerah, Ayonius selaku Sekda Kubar mengajak seluruh masyarakat bersatu. Supaya motto pembangunan Kubar, ‘Hari Esok Lebih Baik Daripada Hari Ini’ bisa terlaksana sesuai harapan ke depan.

“Pemilihan bupati sudah kita jalani, mari kita tinggalkan perbedaan yang kita lakukan selama ini. Karena membangun kutai barat ini tidak bisa dilakukan satu kelompok, tapi harus kita semua,” harapnya.

Sebagai Ketua Tim Pemenangan Yakan, Ridwai berterimakasih kepada semua pihak. Terutama KPU Kubar yang sudah menjalankan tugas dengan baik dan benar, sekuat tenaga tanpa kenal lelah. Sebab menurutnya, proses Pilbup Kubar cukup panjang.

“Kepolisian sendiri sampai tiga kapolres, sampai penetapan calon terpilih. Ini bukan pekerjaan mudah, pekerjaan yang cukup berat. Karena kita ketahui di Kubar ini sudah berapa kali pemilihan, Pilkada 2020 berbeda dengan Pilbup sebelumnya. Karena dalam kondisi pandemi Covid-19,” katanya.

“Mungkin kami tidak bisa membalas budi baik bapak ibu sekalian, tapi berharap TUHAN lah yang membalas, memberi berkat bagi kita semua. Teristimewa berkat kesehatan kepada kita semua. Sehingga kita tetap sehat, dan terhindar dari pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya. #Sunardi

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here