Insentif Guru Ngaji, Perkerasan Jalan, Rumah Ibadah dan Sentra Produk Pertanian

H Suharna didampingi Wasis Setyo Budiono sebagai moderator dalam Reses II Masa Sidang III Tahun 2019 di BPU Kampung Srimulyo, yang dihadiri Petinggi Srimulyo Pelda (Purn) H Senen, Petinggi Sumberrejo Rajab dan Petinggi Sumber Bangun H Kasman. IWAN RAIS/KABARKUBAR.COM

SEKOLAQ DARAT – KABARKUBAR.COM

Politisi Partai NasDem, H Suharna, menerima sejumlah masukan saat melakukan Reses pertama kali sebagai Anggota DPRD Kabupaten Kutai Barat. Tidak hanya soal pendidikan, bidang infrastruktur dan keagamaan juga masuk dalam aspirasi dari masyarakat tiga kampung di Kecamatan Sekolaq Darat. Aspirasi ditanggapi serius oleh Suharna yang lebih populer disapa dengan nama ‘Rhoma Irama’.

“Moral anak adalah modal masa depan. Kalau bisa guru ngaji diberikan insentif, karena saat ini sebulan hanya Rp15 ribu peranak. Sedangkan anak yatim piatu dibebaskan biaya,” ungkap Darto, warga RT 3 Kampung Srimulyo, dalam Reses II Masa Sidang III Tahun 2019, H Suharna, di Balai Pertemuan Umum Kampung Srimulyo, Minggu 17/11/2019 malam.



Masih soal keagamaan, Kadimin yang mewakili warga Kampung Sumberbangun, berharap kampungnya mendapat alokasi untuk pembangunan rumah ibadah. Terlebih agar dapat menjadi prioritas anggaran rumah ibadah di tiga kampung. “Lima tahun ini cuma dapat Rp20 juta,” akunya.

Menanggapinya, Rhoma mengakui keberadaan guru ngaji sangat penting. Demikian juga pembangunan rumah ibadah seperti masjid, dan musala. Hanya saja, keterbatasan anggaran pemerintah menjadi kendala. Meski demikian, ia memberikan solusi tercepat. “Guru ngaji akan diupayakan secara pribadi, nanti istri saya akan mengurus itu. Doakan saya selalu ada rejeki,” katanya.

Sunarto yang mewakili kaum muda Kampung Srimulyo, berharap kampungnya mampu tampil sebagai sentra perkebunan. IWAN RAIS/KABARKUBAR.COM

Sebagai Politisi Partai NasDem, Rhoma mengingat pesan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh. Yakni, “Buat apa maju tapi tidak bisa berbuat apa-apa”. Bersama enam politisi partai politik yang bergabung dalam fraksi di DPRD Kubar, akan menyalurkan aspirasi yang disampaikan.

“Tiga kampung inilah yang mengangkat saya terpilih jadi dewan. Tidak mungkin àspirasi daerah lain yang saya dahulukan. Ini bukan kepentingan pribadi, tapi bagaimana hidup saya bisa berguna bagi bapak ibu semuanya,” tegasnya dalam Reses yang dimoderatori Wasis Setyo Budiono.

Duduk di Komisi 3 dan sebagai Anggota Badan Kehormatan DPRD Kubar, Rhoma berkomitmen bersama Partai NasDem sebagai parpol yang mengedepankan restorasi. Ia diharap bisa membawa perubahan di Kampung Srimulyo, Sumberrejo dan Sumber Bangun. “Dari hati paling dalam, ingin berjuang untuk tiga kampung sebagai keluarga besar saya. Tidak mungkin saya berjuang sendiri, tanpa dukungan bapak ibu semua,” ujar Rhoma dalam Reses yang dihadiri sekitar 120 orang.

Soal infrastruktur disampaikan Suwandi, warga RT 4 Kampung Srimulyo. Pria yang pernah menjabat Petinggi Srimulyo ini meminta ada peningkatan jalan berupa perkerasan atau Agregat C. Khususnya untuk ruas dari bekas Kantor Bhaswara ke workshop hingga Kampung Beringin sejauh 1.500 meter. “Kami juga kekurangan pupuk, untuk meningkatkan produksi getah karet yang harganya murah,” jelasnya.

Mewakili pemuda, Sunarto yang berdomisili di RT 1 Kampung Srimulyo, ingin ada kegiatan yang mengarah monumental. Apapun bentuk kegiatan itu, nantinya bisa menambah pundi-pundi pendapatan masyarakat. “Kita ingin punya produk tertentu, seperti tepung singkong atau pelet plastik yang sedang tren. Kita juga bisa jadi sentra sayur, biar sistem hidroponik,” imbuh pria yang juga Guru SMK Negeri 1 Melak.



Petinggi Srimulyo, Pembantu Letnan Dua (Purnawirawan) H Senen, berharap terpilihnya Rhoma sebagai Dewan akan membawa kemajuan khususnya di tiga kampung. Ia meyakini nantinya banyak pembangunan di Srimulyo dan sekitarnya. Sebab ada perwakilan untuk salurkan aspirasi masyarakat. “Selamat buat Haji Harno, karena ini yang pertama kali bertatapmuka sejak dilantik,” katanya.

“Mari manfaatkan beliau ini. Jika terbukti bisa memperjuangkan kita, akan pilih lagi di tahun 2024,” ungkap Petinggi Sumberejo, Rajab, yang di sebelahnya duduk Petinggi Sumber Bangun, H Kusman. #Iwan Rais

Komentar Anda

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here