Pertengahan 2018 Pesawat ATR 72 Bisa Mendarat

Kepala Bandara Melalan Kabupaten Kutai Barat, Sumariyanto. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Bandara Melalan yang sebelumnya memiliki Runway atau Landasan Pacu sepanjang 1.050 meter, kini telah bertambah panjang menjadi 1.350 meter. Pekerjaan proyek tersebut telah selesai di akhir tahun 2017 ini. Tidak hanya akan dapat didarati pesawat dengan tipe ATR 72, Bandara Melalan direncanakan akan beroperasi siang dan malam.

Menurut Kepala Bandara Melalan, Sumariyanto, selama ini hanya pesawat berbadan kecil jenis ATR 42 yang bisa mendarat di bandara itu. Seperti armada Kalstar, termasuk  dalam waktu dekat didarati oleh armada Express Air. Itu terjadi jika mendapat izin atau verifikasi khusus ATR 72 dari Direktorat jen Bandara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. “Kita yakin pertengahan 2018 mendatang, pesawat berbadan besar akan melayani penerbangan di Bandara Melalan,” katanya, Jumat 22/12/2017 di ruang kerjanya.

Diungkapkan Sumariyanto, kini Bandara Melalan telah memiliki fasilitas terminal baru. Yang mampu menampung sedikitnya 100 penumpang. Setelah mendapat izin resmi kelaikan dari Dirjen Bandara di Jakarta, dipastikan tidak hanya ada penerbangan di siang hari. Tahun 2018 mendatang, akan ada penerbangan malam hari, sebagaimana bandara lainnya di Indonesia.

Proyek Perbaikan Fasilitas di Bandara Melalan telah rampung di Desember 2017 ini. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Dijelaskannya, setelah proyek runway dan fasilitas penunjang bandara telah rampung, segera diajukan verifikasi ke Dirjen. Diyakini Desember 2017 ini semua pengerjaan fasilitas selesai. “Untuk penerbangan malam hari, saat ini sedang dibangun Runway Light (Lampu Landasan Pacu),” ujar Sumariyanto.

Sumariyanto mengakui perpanjangan runway dan seluruh fasilitas baru di Bandara Melalan, dibiayai alokasi dari APBN. Termasuk biaya rutin atau gaji pegawai tahun 2017. Totalnya mencapai Rp 60 miliar. Otoritas Bandara Melalan berupaya memaksimalkan pelayanan di di tahun 2018 mendatang.

Salah satunya dengan membenahi manajemen, hingga kelaikan armada. Sebab Bandara Melalan, merupakan salah satu bandara terpenting di kawasan perbatasan Indonesia. “Kita juga akan benahi taksi di bandara, agar memiliki rute tetap,” pungkasnya. #Lilis Sari

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here