Pasukan Gabungan Gelar Simulasi Demo

2608_Simulasi Pengamanan Pilkada Kubar dan Mahulu (2)BARONG TONGKOK – Sekitar 600 personil pasukan pengamanan gabungan dari Polres Kutai Barat, Kodim 0912/Kubar, Satpol-PP dan Dishubkominfo menghadapi ribuan pendemo. Mereka diturunkan untuk menenangkan massa yang beringas telah mengepung dan memenuhi halaman kantor KPU Kubar dan KPU Mahakam Ulu.

Alasan pendemo, terjadi pelanggaran di Tempat Pemungutan Suara dalam Pilkada Serentak 9 Desember 2015. Sehingga suara bagi pasangan cabup-cawabup tersebut oleh KPU dinyatakan terjadi pelanggaran. Massa pendukung salah satu pasangan calon bupati di Kubar dan Mahulu yang berdemo akhirnya berhasil dipukul mundur.

Diungkapkan Kapolres Kubar AKBP Hindarsono, keributan di halaman di Taman Budaya Sendawar itu merupakan simulasi pengamanan Pilkada Kubar dan Mahulu. Gelar pasukan gabungan dilaksanakan melalui upacara gelar pasukan Operasi Mantap Praja 2015. Ia menyebut, telah disiapkan pasukan pengamanan untuk mengamankan Pilkada di wilayah hukum Polres Kubar. Simulasi sendiri merupakan skenario saat terjadi gerakan massa yang akan merusak fasilitas umum secara anarkis. Sehingga terganggu situasi keamanan dan
ketertiban masyarakat.

“Personil Polres akan dibantu oleh TNI Kodim 0912/Kubar, Satpol-PP, serta Dishubkominfo. Jika kondisi kekurangan personel, saya akan minta bantuan dari Polda Kaltim untuk dua kabupaten ini,” beber Hindarsono yang didampingi Dandim 0912/Kubar Letkol Infanteri Agus Soeprianto dan Wabup Kubar Didik Effendi, Rabu (26/8/2015).

Jika massa beringas dan tidak bisa dikendalikan atau tidak mau diajak bernegosiasi, Hindarsono memerintahkan polisi melumpuhkan para perusuh di tempat. “Saya perintahkan tembak di tempat, tembak di kakinya. Jika masih beringas, maka tembak di perutnya. Saya sebagai Kapolres Kubar akan bertanggung jawab,” tegas Hindarsono.

Gelar pasukan juga dihadiri Ketua KPU Kubar FX Irianto, Ketua Panwaslu Kubar Mures Wilson Jahen, Perwakilan Pengadilan Negeri Kubar, Kajari Sendawar dan empat pasangan Cabup-Cawabup peserta Pilkada Kubar 2015.    #M Imran

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here