KPU Kaltim Tetapkan 55 Caleg Terpilih Pemilu 2019

Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih DPRD Provinsi Kalimantan Timur Pemilu 2019 di Gedung KPU Kaltim, Selasa 6/8/2019. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Hari ini, Selasa 6/8/219, 55 orang sah akan menduduki posisi Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur untuk periode tahun 2014-2019. Setelah Komisi Pemilihan Umum Kaltim menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Dan Penetapan Calon Terpilih DPRD Provinsi Kaltim Pemilu Tahun 2019. Tiga di antaranya adalah sosok yang menjadi Wakil Rakyat Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Mahakam Ulu.



Mereka yang akan berkantor di Karang Paci, lokasi Gedung DPRD Kaltim di Kota Samarinda, berasal dari dua partai politik. Yakni Ekti Imanuel, Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya, yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Kubar. Kemudian Veridiana Wang dan Marthinus, yang merupakan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Ekti Imanuel yang sebelumnya diprediksi bakal melenggang ke Karang Paci, berhasil menjadi pemenang kedua di Daerah Pemilihan Kaltim 5 yang meliputi Kubar dan Mahulu. Veridiana tampil sebagai juara, dan Marthinus di posisi ketiga. Berikut hasil lengkap perolehan suara ketiganya:

NO. NAMA CALON PARTAI POLITIK NO.URUT SUARA SAH
1 Ekti Imanuel, SH, MM Partai Gerindra

1

9.078

2 Veridiana Huraq Wang, S.Pd PDI Perjuangan

1

15.363

3 Marthinus, ST, M.Si PDI Perjuangan

2

6.550

 

Rapat Pleno Terbuka di Aula Gedung KPU Kaltim, Jalan Basuki Rakhmat No.02 itu, dipimpin Ketua KPU Kaltim, Rudiansyah. Ia didampingi empat Komisioner KPU Kaltim, Iffa Rosita, Suardi, Mukhasan Ajib dan Fahmi Idris. Dihadiri Anggota Badan Pengawas Pemilu Kaltim, Galeh Akbar Tanjung, dan Wakil Kepala Polres Kota Samarinda AKBP Dedi Agustono. Juga dihadiri para Legal Officer partai politik peserta Pemilu 2019.

Veridiana Huraq Wang sebagai perwakilan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, menerima dokumen Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih DPRD Provinsi Kalimantan Timur Pemilu 2019 dari Ketua KPU Kaltim Rudiansyah. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Menurut Ketua KPU Kaltim, Rudiansyah, Rapat Pleno ini dilaksanakan setelah dinyatakan tidak ada lagi sengketa Pemilu di Mahkamah Konstitusi. Pleno hari ini juga tidak ada sanggahan dari para saksi partai politik maupun pihak Bawaslu.

“Seluruh kabupaten dan kota yang tidak bersengketa atau sudah selesai sengketa di MK, sudah melakukan penetapan. Tinggal Samarinda, Berau dan Paser yang belum,” katanya.



Soal jadwal pelantikan 55 Anggota DPRD Kaltim periode 2019-2014, KPU akan menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk diserahkan ke Pemerintah Provinsi Kaltim. Kemudian akan diteruskan ke Kementerian Dalam Negeri di Jakarta. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here