Serukan Umat Bersahabat Dengan Agama dan Kepercayaan Lain

Ribuan umat serius mendengarkan ceramah KH Said Agil Siraj dalam Tabligh Akbar bertema “Mempertahankan Islam Nusantara Sebagai Peradaban Indonesia” di Masjid At-Taqwa Kelurahan Simpang Raya, Barong Tongkok pada Senin, 4 Mei 2015. DEESELHA/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, KH Said Agil Siroj, memberi siraman rohani bagi ribuan umat Islam di Masjid At-Taqwa, Kelurahan Simpang Raya, Barong Tongkok. Tidak hanya ruang dalam, pelataran masjid dipenuhi umat yang serius mendengarkan ceramah ulama yang terkenal moderat ini. Hingga Senin, 4 Mei 2015 sekira pukul 22.00 Wita, ceramah masih berlangsung.



Said Agil menekankan umat agar senantiasa menunjukkan ajaran Islam yang moderat dengan tidak memandang pemeluk agama atau kepercayaan lain sebagai manusia rendah. Melainkan bersahabat dengan semua manusia sebagai makhluk ciptaan ALLAH yang mulia.

“Tidak boleh rendahkan agama atau kepercayaan lain. Berdakwah dan mengajak orang lain menjadi Islam, ya boleh. Semua suku sama di hadapan ALLAH sebagai makhluk mulia,” katanya dalam ceramah bertajuk Tabligh Akbar bertema “Mempertahankan Islam Nusantara Sebagai Peradaban Indonesia”.

KH Said Agil Siraj memberikan pencerahan kepada umat dalam Tabligh Akbar di Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok. DEESELHA/KABARKUBAR.COM

Said Agil mengatakan, akhlak mulia seorang manusia itu ditunjukkan dalam keseharian yang tanpa pertengkaran. Sebab Islam tidak hanya mengajari 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Dan Islam adalah agama yang membawa akhlak peradaban dan budaya dengan puncaknya kemanusiaan.

“Kalau ketahuan bertengkar, artinya sudah pensiun jadi manusia. Allah tidak rela Umat Islam menjadi bodoh dan ketinggalan atau kurang bermanfaat bagi sesama. Islam bukan umat ekstrem kanan atau ekstrem kiri, tapi umatan wasakrom,” jelasnya.



Sebagai agama, imbuh Said Agil, Islam agama moderat yang berbasis ilmu. Sehingga Umat Islam juga diminta untuk menjadi umat yang turut membangun dalam kehidupan manusia melalui ilmu pengetahuan dan ilmu agama.

Tabligh Akbar ini digagas oleh SAS (Sholat Alquran dan Sedekah) yang berkantor di Masjid At-Taqwa di Jalan Pandan Wangi. “Kegiatan ini juga dirangkai dengan penyerahan santunan kepada 600 anak Yatim atau Piatu yang bekerjasama dengan PT Pamapersada Nusantara (PAMA),” ungkap Nasrullah, Ketua Panitia Tabligh Akbar.  #Revandi

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here