Ayon, Sahadi dan Yuli Permata Mora akan diuji 3 Profesor

Yacob Tullur berbincang bersama para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat usai upacara bendera di halaman Kantor Bupati Kubar. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Tinggal hitungan hari, Yacob Tullur akan mengakhiri tugasnya sebagai ‘Abdi Negara’. Lantas, siapa yang akan menggantikan posisinya saat ini sebagai Sekretaris Kabupaten Kutai Barat? Sebab sejak 1 Juni 2020 nanti, ia akan pensiun setelah bekerja selama 35 tahun sebagai Pegawai Negeri Sipil yang sekarang disebut Aparatur Sipil Negara atau ASN.

Menanggapinya, Yacob Tullur menyebut proses perekrutan calon sekretaris daerah atau sekda sedang berlangsung. Pemerintah Kabupaten Kutai Barat telah membentuk Panitia Seleksi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama atau JPTP Sekretaris Daerah. Hasil seleksi administrasi seleksi terbuka pengisian JPTP Sekda Kubar telah diumumkan melalui Surat nomor: 006/Pansel-JPTP-Kubar/V/2020.



“Ada tiga nama yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi. Ayonius, Sahadi, dan Yuli Permata Mora. Tadinya ada lima nama yang mendaftar dari Kubar, tapi dua orang dinyatakan tidak memenuhi syarat utama,” ujar dalam bincang di rumah jabatan Sekda Kubar pada Senin, 10 Mei 2020.

Pria yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Sosial Kubar ini mengungkapkan, ketiga nama yang akan menjalani tahapan asesmen telah memenuhi syarat utama. Yakni pernah dua kali menduduki jabatan Eselon II, artinya pangkat yang ditentukan juga dipenuhi. Jabatan Eselon II yang dimaksud adalah Kepala Dinas, Kepala Badan, Asisten dan Staf Ahli Bupati.

Ayonius yang saat ini menjabat Asisten II Sekretariat Kabupaten Kutai Barat, pernah menduduki posisi sebagai Kepala Dinas Perhubungan Kubar dan Kepala Dinas Pendidikan Kubar. Sahadi juga pernah menjabat Kepala Dinas Perhubungan Kubar, dan saat ini sebagai Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kubar. Sedangkan Yuli Permata Mora yang kini adalah Kepala Badan Pendapatan Daerah Kubar, sebelumnya menjabat Sekretaris DPRD Kubar.

Sekretaris Kabupaten Kutai Barat, Drs Yacob Tullur MM, akan mengakhiri masa jabatan sekaligus tugas sebagai seorang ASN pertanggal 1 Juni 2020. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Dijelaskannya, tiga calon sekda tersebut berhak mengikuti tahapan seleksi berikutnya yang telah dijadwalkan. Pertama adalah Uji Kompetensi atau Assesment Test pada Selasa dan Rabu pekan depan. Kemudian Seleksi Penulisan Makalah pada Jumat, 15 Mei 2020. Terakhir adalah Seleksi Presentasi dan Wawancara Akhir yang dijadwalkan pada Senin, 18 Mei 2020.

“Nanti akan ada tiga Profesor dari Universitas Mulawarman sebagai asesor atau penguji. Yaitu Matius, Robin, dan Tres. Saya dan ibu Ardiningsih (Kepala BKD Provinsi Kaltim) juga akan menjadi asesor,” kata Yacob Tullur.

Tiga Profesor yang dimaksud adalah:

  1. Prof. Dr. Ir. Paulus Matius, M.Sc dari Unmul Samarinda
  2. Prof. Dr. LCA. Robin Jonathan, MM, M.Si dari Universitas 17 Agustus Samarinda
  3. Prof. Dr. Theresia Militina, SE, M.Si dari Unmul Samarinda

Diakui Yacob Tullur, Pemkab Kubar mengupayakan pengisian jabatan sekda tidak terlambat. Sehingga prosesnya perekrutan sudah lama dilakukan dengan mengumumkan di media massa. Namun, jika harus tertunda akibat pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19, telah dipersiapkan sosok yang menjadi Penjabat Sekda Kubar.



“Kita persiapkan Pak Ayon sebagai PJ Sekda. Tapi kita berharap tanggal 18 Mei ini hasil seleksi sudah final,” ujar pria yang dipercaya menjabat Sekretaris DPRD Kubar selama tujuh tahun lebih. Ia sebelumnya juga menjadi salah satu Kepala Bidang pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kubar. Juga pernah menjabat Kepala Bagian Keuangan Setkab Kubar selama tujuh tahun.

Terakhir, ia menyebut asesmen Calon Sekda Kubar akan dipantau Komisi ASN dengan mengutus seorang profesor dan tim untuk memastikan proses berjalan dengan baik. “Mereka memantau tapi berhak untuk mewawancarai. “Hasil seleksi harus ada lebih dari seorang untuk dipiilih oleh Bupati Kubar, FX Yapan,” pungkas Yacob Tullur. #Sonny Lee Hutagalung

Komentar Anda

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here