Resmikan Jalan Jerambah dengan volume 2 × 1.200 meter

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Pemerintah Kampung Geleo Baru, Kecamatan Barong Tongkok, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tahap empat. Bantuan itu diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kutai Barat, FX Yapan, pada Selasa, 14 Juli 2020. Mengelola Dana Desa, bupati mengingatkan agar sungguh-sungguh.

“Saya tekankan kepada pemerintah kampung, agar jangan bermain-main dengan dana desa. Saya minta mari berhati-hati,” tegas bupati dalam amanat Penyerahan BLT Dana Desa tadi siang.



BLT Dana Desa itu sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Kutai Barat untuk meringankan beban masyarakat. Bupati mengatakan, BLT Dana Desa tahap 4 dengan 94 Kepala Keluarga Keluraga Kader Pembangunan Manusia. Masing-masing mereka menerima uang senilai Rp300 ribu dari Dana Kampung. Total BLT Dana Desa dari tahap 1 sampai 4, mencapai Rp253.800.000.

Bupati mengimbau seluruh KPM yang menerima bantuan, bisa memanfaatkan sebaik mungkin. Utamanya untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan, seperti sembako di rumah. “Saya selaku Kepala Daerah, meminta bantuan ini benar-benar tepat sasaran. Utamakan yang membutuhkan dan yang terdampak pandemi Covid 19 ini,” pesan Yapan dari mimbar.

Selain menyerahkan BLT Dana Desa, bupati juga meresmikan Jalan Jerambah (Titian Ulin) Sawah Ketilamp dan Sawah Berang. Proyek dengan volume 2 × 1.200 meter, diharapkan dapat memberikan dampak positif.

Pembangunan Jalan Jerambah dilaksanakan sejak tahun 2018 yang bersumber dari Dana Kampung Tahun Anggaran 2018, 2019 dan 2020. Proyek rampung di tahun 2020 dengan volume jalan yang berukuran lebar 2 meter dan panjang 1.200 meter. Anggarannya senilai Rp1.722.406.500.

Bupati juga meninjau lapangan kegiatan Padat Karya Tunai Desa yang berada di Kampung Ngenyan Asa dan Gemuhan Asa. Ia didampingi Asisten II Sekretariat Kabupaten Kubar, Ayonius, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Faustinus Syaidirahman. Hadir pula Camat Barong Tongkok, Denasius, dan Direktur Bank Kaltimtara, Asrar Sayuti Saeni.



“Saya harap dapat memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat. Terutama dalam meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat di bidang ekonomi dan sosial,” harap Yapan.

Mengingat peran yang cukup strategis, Yapan mengatakan, keberadaan jalan tersebut merupakan infrastruktur publik yang harus dijaga bersama. Sehingga masa pemakaian badan jalan ini dapat dirasakan manfaatnya dalam jangka waktu yang panjang. #Lilis Sari

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here