Yang Lulus Akan Bertugas Januari 2018

Pendamping PKH BPNT Kementerian Sosial di Kecamatan Linggang Bigung, siaga membantu para Keluarga Penerima Manfaat. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Dinas Sosial Kabupaten Kutai Barat mengadakan Tes Seleksi Administrasi Sumber Daya Manusia yang diikuti 35 orang dari 12 kecamatan. Mereka akan menjadi Pendamping Program Keluarga Harapan Bantuan Pangan Non Tunai Kementerian Sosial tahun 2017. Tes berlangsung selama kurang lebih 3 jam, bagian dari tes serupa yang dilakukan serentak se-Indonesia, minus di Papua dan Ambon.

Menurut Ketua Tim Seleksi Calon Pendampingan PKH BNPT, Widiarto, seleksi berupa ujian kompetensi bidang dan psikotes. Nantinya para lulusan ini akan ditempatkan untuk membantu pelaksanaan PKH. Sedangkan Tim seleksi, ada 3 orang dan melibatkan pihak ketiga dari Universitas Islam Nasional, Jakarta.  “Yang dicari 8 orang,” ujarnya di sela sosialisasi di Ruang Rapat Hotel Sidodadi, Simpang Raya Kecamatan Barong Tongkok.

Dijelaskannya, posisi Pendamping PKH yang diperebutkan adalah Pekerja Sosial Supervisor, Pendamping Sosial, Pendamping Sosial PKH Akses dan Asisten Pendamping Sosial. Ada juga posisi Administrator Database, Koordinator Regional, Koordinator Wilayah, Koordinator Kabupaten/Kota dan Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kabupaten/Kota,” kata Widiarto.

Ditambahkan Widiarto, tahun 2018 mendatang akan menjadi tahun yang penting bagi Pendamping PKH BPNT. Karena cakupan layanan akan diperluas menjadi 10 juta Keluarga Penerima Manfaat PKH di 514 kabupaten/kota dan 10.083.192 KPM BPNT di 217 Kabupaten/Kota.

Calon Pendamping Program Keluarga Harapan Bantuan Pangan Non Tunai Kementerian Sosial tahun 2017, akan mulai bertugas pada Januari 2018. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM 

Sedangkan Kepala Dissos Kubar, Rinatang mengatakan, untuk Provinsi Kalimantan Timur dipusatkan pada 5 titik. Pertama, di Samarinda untuk Kota Samarinda dan Kabupaten Kutai Kartanegara. Kedua di Balikpapan untuk Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Paser).

Ketiga di Bontang untuk Kota Bontang dan Kabupaten Kutai Timur, dan Keempat di Tanjung Redep untuk Kabupaten Berau. “Terakhir di Sendawar untuk Kabupaten Kutai Barat dan Mahakam Ulu,” ujarnya melalui Kepala Bidang Bantuan Jaminan Sosial pada Dissos Kubar, Leboq.

Soal Peserta Seleksi, berasal dari 12 kecamatan se-Kubar, minus Kecamatan Penyinggahan dan Nyuatan.  Hasilnya akan diumumkan pada 1 Desember 2017 mendatang. Jika dinyatakan lulus, mulai bertugas 1 Januari 2018.

“Mudah-mudahan dengan tes ini dapat terpenuhi kuota penambahan pendamping. Sebab pada tahun 2018 KPM akan bertambah, otomatis bertambah juga pendamping PKHnya,” imbuh Leboq. #Lilis Sari

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here