3 Nama Disetor ke DPP PDI Perjuangan

Tiga Tokoh PDI Perjuangan yang membawa kejayaan partai berlambang Kepala Banteng di Kabupaten Kutai Barat. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menjadi juara Pemilu 2019 dengan perolehan enam kursi di DPRD Kabupaten Kutai Barat. Itu adalah hasil dari raihan suara sebanyak 23.115 oleh partai politik berlambang Kepala Banteng ini. Sesuai amanat undang-undang, PDI Perjuangan berhak untuk mendapat jatah kursi Ketua DPRD Kubar periode 2019-2024. Lalu siapa yang sosok yang akan menempati posisi itu?

Usai menghadiri Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kabupaten Kutai Barat Periode 2019-2024 di Gedung DPRD Kubar, Selasa 13/8/2019 siang, PDI Perjuangan memberi jawaban. “Yang pasti ketua pasti dari kami, wakil ketua jatah Golkar dan Hanura,” kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kubar, FX Yapan, kepada awak media.



Diungkapkan Yapan, PDI Perjuangan merupakan partai besar, yang tidak memakai pola tunjuk menunjuk. Tapi benar-benar melihat kualitas dan kapasitas kadernya. PDI Perjuangan juga menerapkan pola uji kelayakan dan kepatutan untuk posisi unsur pimpinan di DPRD. Apalagi untuk jabatan Ketua DPRD, ada tes khusus di internal partai.

Hasil Konfercab dan Konferda PDI Perjuangan Se-Kalimantan Timur di Balikpapan, FX Yapan ditetapkan menjadi Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kutai Barat, Ipin dan Ridwai di posisi Sekretaris dan Bendahara. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Pihak DPC PDI Perjuangan telah mengirim tiga nama ke DPP PDI Perjuangan, sebagai calon Ketua DPRD Kubar. Nantinya, ketiganya akan dilakukan penilaian oleh DPP PDI Perjuangan. “Jadi transparan dan terbuka. Tapi tetap memakai KSB (Ketua, Sekretaris dan Bendahara). Saya sebagai Ketua DPC tidak bisa, karena menjabat bupati, maka ada Sekretaris dan Bendahara,” tegasnya kepada KabarKubar.

Proses tersebut, imbuh Yapan, tidak bisa dibantah atau ditolak kader maupun pengurus partai di tingkat bawah. Dan itu merupakan prinsip yang dijalankan elit partai, kader hingga simpatisan. Yang merupakan amanah atau instruksi Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.



Berkaca dari hasil Konferensi Cabang dan Konferensi Daerah Ke-V PDI Perjuangan Se-Kalimantan Timur di Hotel Gran Senyiur Balikpapan, Sabtu 13 Juli 2019, sosok yang dimaksud sudah bisa ditebak. Sebab, Susunan Pengurus DPC PDI Perjuangan Kubar telah diumumkan dan tinggal menunggu pengesahan dari DPP PDI Perjuangan. “Kalau harus dari KSB (Ketua, Sekretaris, Bendahara), ya antara Bapak Ridwai dan Ibu Ipin. Karena Ipin menjabat Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kubar, dan Bendaharanya Ridwai,” kata Paulus S Buditomo, Ketua DPC Badan Penanggulangan Bencana PDI Perjuangan Kubar.

“Kalau tiga nama yang diusulkan ke DPP, bisa saja ada nama Pak John Tawi (Ketua DPRD Kubar periode 2014-2019), atau Potit. Tapi kita tunggulah hasilnya, tidak lama lagi itu pasti ketahuan. Semua keputusan dari DPP PDI Perjuangan tentunya,” imbuh pria yang akrap disapa Budi itu. #Sonny Lee Hutagalung

Komentar Anda

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here