Diminta Bertugas Dengan Baik

BARONG TONGKOK – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kutai Barat telah menyiapkan 80 orang yang akan bertugas sebagai Panitia Pemilihan Kecamatan. Mereka dipersiapkan untuk menyelenggarakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kubar, Desember 2015 nanti. Besok, Selasa (26/5/2015) pagi, mereka akan dilantik di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat, Kantor Bupati Kubar.

Diungkapkan Ketua KPU Kubar FX Irianto, pelantikan 80 PPK yang akan bertugas di 16 kecamatan tersebut merupakan bagian dari tahapan Pilkada Kubar 2015. Tujuannya untuk menyelenggarakan Pilkada menuju demokrasi bersih, langsung, umum, bebas dan rahasia. Ia menilai pelantikan itu sangat penting, sebab mereka merupakan tulang punggung KPU Kubar di kecamatan dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan Pilkada. “Tahap demi tahap harus berjalan sukses sesuai dengan Undang-Undang Pilkada,” katanya.

Irianto menjelaskan, 80 PPK se-Kubar itu akan dibekali pengetahuan tentang Pilkada oleh KPU Kubar. Karena setelah berada di lapangan, PPK membawahi para penyelenggara Pilkada di kampung-kampung dalam wilayah administrasi kecamatan setempat. “Setelah dilantik, akan diadakan Rapat Kerja selama dua hari hingga 27 Mei. Para anggota PPK harus mengikuti raker itu,” ungkapnya.

Ditambahkan Divisi Sumber Daya Manusia KPU Kubar, Johannes Nuel, setiap kecamatan berisi 5 anggota PPK. Sebagai penyelenggara Pilkada di kampung-kampung telah disiapkan petugas Panitia Pemungutan Suara yang akan bertugas di 194 kampung. Sementara tempat memberikan hak pilih di Pilkada secara langsung ke tiga kalinya nanti, disiapkan 375 Tempat Pemungutan Suara. “Siapapun yang terpilih sebagai anggota PPK itu supaya benar-benar menjalankan tugasnya dengan baik,” ujarnya di ruang kerja.    #M Imran

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here