Ada Politisi Demokrat Kubar Menyeberang

Sekretaris DPC Partai Hati Nurani Rakyat Kabupaten Kutai Barat, Suryadi, bersama tiga kader muda partai politik bernomor 13 di Pemilu tahun 2019 mendatang. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Kesiapan Dewan Pimpinan Cabang Partai Hati Nurani Rakyat Kabupaten Kutai Barat menuju Pemilihan Legislatif tahun 2019 sudah tidak diragukan lagi. Setidaknya tersirat dari berkas yang disetor ke Dewan Pimpinan Daerah Partai Hanura. Yang berisi nama-nama pelamar untuk menjadi Calon Anggota Legislatif atau Caleg di Pileg 2019. Baik untuk DPRD Kubar maupun DPRD Provinsi Kalimantan Timur.

“Untuk Caleg Hanura Kubar sudah fix di DPC. Untuk DPRD Kaltim sudah kami setor 3 nama, tapi masih off the record ya. Nanti ada saatnya kami buka, karena ini bagian dari strategi partai,” ungkap Suryadi, Sekretaris DPC Partai Hanura Kubar, Kamis 17/5/2018.

Disinggung soal caleg yang menonjol atau lebih berpeluang meraup suara, Suryadi mengakui figur-figur tersebut punya peluang merata. “Semua caleg punya potensi yang sama di semua daerah pemilihan. Harapannya semua mendulang suara untuk partai untuk mendapat kursi di DPRD,” katanya.

Delusius Paulus (paling kanan) ikut bersama para pengurus DPC Partai Hanura Kubar, saat bertemu Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang. ISTIMEWA/KABARKUBAR.COM

Soal persyaratan dukungan yang harus dipenuhi, Partai Hanura menerapkan aturan paling sedikit 600 salinan KTP. Dan semua caleg yang berminat maju melalui Partai Hanura sudah memenuhi syarat dimaksud. “Semua caleg sudah fix. Kalau nanti ada yang mundur atau berhalangan tetap, sudah siap penggantinya,” imbuh Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan DPC Partai Hanura Kubar, Umar.

Ditanya apakah ada sosok politisi yang saat ini duduk di Gedung DPRD Kubar dan menyeberang ke Hanura, Suryadi dan Umar enggan berkomentar. Hanya saja, diakui jika Hendrik Bungas Nipon selaku Ketua DPC Partai Hanura Kubar akan maju kembali di Pileg 2019. Demikian juga dengan Suryadi yang kemungkinan akan bertarung di Dapil 2 atau 3. “Yang jelas ada (politisi menyeberang), tapi belum bisa dibuka sekarang,” jelas keduanya kepada KabarKubar.

Informasi yang didapat KabarKubar, sejumlah politisi parpol lain telah menyeberang ke Hanura. Bahkan beberapa di antaranya dengan terang-terangan telah mengenakan simbol atau atribu Hanura di berbagai kesempatan. Salah satunya Roni Patinasarani, yang tercatat sebagai Wakil Ketua IX DPC Partai Demokrat Kubar. Pada Kampanye Calon Gubernur Kaltim, Rusmadi Wongso, Selasa 15/5/2018, Roni menjadi Master of Ceremony di panggung. Ia dengan elegan mengenakan kemeja hitam dengan logo Hanura dan angka 13 sebagai nomor urut peserta Pemilu 2019 untuk Hanura.

Demikian juga Delusius Paulus yang menjabat Wakil Ketua III DPC Partai Demokrat Kubar. Ia terlihat mengenakan kemeja kebesaran Partai Hanura, dan mengikuti sebuah acara internal Hanura. Delus dan Roni tercatat dalam Surat Keputusan DPP Partai Demokrat Nomor: 87/SK/DPP.PD/DPC/VIII/2017 tertanggal 7 Agustus 2017 tentang Revisi Susunan Kepengurusan DPC Partai Demokrat Kabupaten Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur Periode 2016-2021.

Untuk diketahui, di Pileg 2014, Hanura Kubar meraih 4.839 suara dari 100.889 total suara sah, atau 4,7 persen. Rinciannya, di Daerah Pemilihan 2, 3 dan 4 yang terdiri dari 16 kecamatan, meraih suara 4.259 dari 86.420 total suara sah. Sedangkan di Dapil 1 (Kecamatan Long Apari, Long Pahangai, Long Bagun, Laham dan Long Hubung), meraih 580 dari 14.469 suara.

Hasilnya, Hanura meraih dua kursi di DPRD Kubar, yang diduduki Yustinianus Lidjo Kaya dan Yustinus Agus. Namun dibentuknya DPRD Kabupaten Mahakam Ulu, membuat 1 kursi harus berkurang. Sedangkan pada periode sebelumnya, yakni 2009-2014, memperoleh dua kursi dengan mewakilkan Lidjo Kaya dan Hendrik Bungas. Sementara di periode 2004-2009, hanya Lidjo Kaya yang menjadi wakil Hanura di DPRD Kubar. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here