Korrie Layun Rampan Mundur Saat Muscab Berlangsung

Bartolomeus Iku terpilih sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kutai Barat periode 2006-2011. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Bartolomeus Iku meraih suara terbanyak dalam Pemilihan Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Kabupaten Kutai Barat. Setelah melewati proses yang demokratis, ia menang dari tiga kandidat lainnya. Hasil itu didapat pada Musyawarah Cabang I DPC di Balai Pertemuan Umum Kecamatan Melak pada Senin, 17 Juli 2006.

Pria berdarah Dayak Benuaq ini terpilih dengan menyingkirkan tiga pesaingnya. Yaitu:

  1. Korrie Layun Rampan selaku Ketua DPC Partai Demokrat periode 2002-2006 hasil penunjukan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat dan Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Provinsi Kalimantan Timur
  2. Markus Mas Jaya yang adalah Angkatan Muda Demokrat Indonesia Partai Demokrat Kabupaten Kutai Barat
  3. Yulianus Henokh yang merupakan Panglima Komando Pertahanan Adat dayak Kalimantan Timur

Ke empat kandidat yang bertarung memperebutkan kursi nomor satu partai politik yang mengusung SBY sebagai Presiden pada pemilu 2004 lalu. Adalah putra-putra terbaik Kubar yang berasal dan besar di Kubar.



Kompetensi masing-masing kandidat pun ditunjukkan hingga proses pemilihan berjalan lancar. Tanpa adanya tekanan bagi pemilih yang diambil dari 28 orang unsur Dewan Pimpinan Anak Cabang, serta masing-masing satu suara DPP, DPD dan DPC.

Namun salah satu kandidat, Korrie Layun Rampan mengambil kebijakan untuk mengundurkan diri dari pencalonan Ketua DPC PD Kubar periode 2006-2011. Ia mengundurkan diri di depan pimpinan dan para peserta Muscab. Sehingga mengejutkan para pendukung setia dan undangan yang hadir karena tidak diduga sebelumnya.

Rasa kecewa yang mendalam bagaikan ombak yang diterpa angin kencang membias di wajah para pendukung setia Korrie. Terlihat jelas oleh media ini, ketika Korrie mengucapkan pengunduran dirinya dari bursa pencalonan dengan kata-kata indah dan lembut. Rona wajah yang berubah dari cerah menjadi pudar tampak pada para pendukung pria yang merupakan sastrawan besar Indonesia yang telah menulis ratusan judul buku ini.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kutai Barat periode 2006-2011, Bartolomeus Iku. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Hanya saja, saat pemilihan sedang untuk menentukan calon yang berhak maju dalam calon tetap, sempat terjadi ketegangan. Ketika salah satu kandidat, Yulianus  Henokh dan Klemen, salah satu unsur DPAC, berseru keras secara spontan. Ia menganggap pihak panitia tidak memberikan kesempatan pada pihaknya untuk memperkenalkan diri kepada para utusan DPAC. “Kotor sekali sistim pemilihan ini. Tidak masalah kami kalah, kami tidak bisa menerima cara seperti ini,” ucap Henokh dan Klemen.

Soal majunya dua kandidat yang bukan kader Partai Demokrat, sah-sah saja menurut Ketua Panitia Muscab I, Yohanis Djepi. Sebab partai politik ini bersifat terbuka dan menerima siapa saja. Meskipun harus menyerahkan surat pernyataan mengundurkan diri dari parpol tempat yang bersangkutan bernaung sebelumnya.

“Demokrat terbuka. Memang kami belum menerima surat pengunduran diri kedua kandidat. Namun sah tidaknya untuk terus maju sebagai calon ditentukan dalam rapat pleno panitia,” jelas Djepi.



Saat membuka Muscab, Wakil Bupati Kubar H Didik  Effendi berpesan, agar Ketua DPC PD Kubar terpilih bisa selalu bergandengantangan dengan Pemerintah. Untuk membangun Kubar menuju ke arah yang lebih baik dan maju di masa mendatang. Juga agar parpol ini dapat memberi atau menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Kubar. Serta membimbing dan membina masyarakat di segala bidang secara berkesinambungan.

”Mari kita sama-sama menjaga serta memelihara  persatuan dan kesatuan. Hingga selalu tercipta ketentraman dan kedamaian seperti yang telah berjalan dinamis selama ini,” imbau Didik.

Muscab ini dihadiri Wakil Ketua DPRD Kubar, Sayid Muchdar Al- Idrus yang juga Ketua DPC Partai Patriot Pancasila Kubar. Serta sejumlah anggota DPRD Kubar dan unsur Muspida Kubar. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here