Bupati Minta Kasek & Pengawas Bangun Dunia Pendidikan

Pengukuhan Kepala SMA/SMK dan Pengawas Sekolah oleh Sekretaris Pemerintah Provinsi Kaltim, Rusmadi Wongso, di BPU Tanaa Purai Ngeriman, Jumat 4/8/2017. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK-KABARKUBAR.COM
Bupati Kutai Barat, Fransiskus Xaverius Yapan menegaskan, akan segera memecat Kepala Sekolah, yang siswanya banyak terlibat penyalahgunaan Narkotika dan Obat-obatan Terlarang. Kasek dan Pengawas diminta agar bekerja lebih keras lagi, guna membangun dunia pendidikan di Kubar.

“Jangan sampai ada pelajar, apalagi tenaga pendidik yang terkena atau terlibat narkoba. Sekolah yang muridnya terbanyak pemakai narkoba, Kaseknya akan saya laporkan ke provinsi, untuk segera dipecat. Sebab mereka tidak bisa membina anak didiknya,” tegas FX Yafan di Balai Pertemuan Umum Tanaa Purai Ngeriman, Kompleks Perkantoran Pemkab Kubar, Jumat 4/8/2017. Di sela Pengukuhan Jabatan Fungsional Pengawas dan Kasek SMA, SMK serta Sekolah Luar Biasa Kabupaten Kubar dan Mahakam Ulu.

Yapan juga mengajak Kasek dan Pengawas untuk membangun dunia pendidikan di Kubar agar lebih baik lagi. Tentunya tetap memelihara disiplin di lingkungan sekolah. Kepada para kepala dinas, ia meminta agar tetap menjalin komunikasi yang baik dengan instansi di Pemerintah Provinsi Kaltim. “Saya akan cek dan awasi. Siapa saja Kadis yang tidak menjalin komunikasi dengan Dinas Pemprov Kaltim, akan dievaluasi dan diganti,” jelasnya.



Lebih lanjut dikatakan bupati, agar semua elemen membangun Kubar yang lebih baik lagi. Setiap sekolah harus memiliki Standard Operational Procedur. Sekolah maupun dinas diharapkan segera melapor ke bupati, jika kebutuhan sangat sulit diberikan Dinas Pemprov Kaltim. Walaupun itu bukan kewenangan Pemkab Kubar.

“Segera lapor ke saya, agar bisa saya bantu memediasi. Mari Kita membangun Kubar lebih baik lagi, daripada hari ini,” pungkasnya.

Hal senada disampaikan Gubernur Kaltim, H Awang Faroek Ishak melalui Sekretaris Provinsi Kaltim, H Rusmadi. Ia mengajak, bekerja keras lagi membangun dunia pendidikan di Kaltim umumnya, di Kubar dan Mahakam Ulu khususnya.

“Mewujudkan kesejahteraan itu tidak mudah, karena itu lahir dari Sumber Kemampuan dan Sumber Daya Manusia. Semua itu akan terbina melalui pendidikan. Sehingga Sumber Ekonomi dan Sumber Daya Alam dapat dimanfaatkan. SDM yang cukup, akan dapat mensejahterahkan masyarakat,” ucapnya.

Dipaparkannya, tugas Pemerintah Daerah ada 3. Yakni Pemda hadir dalam hal menyejahterahkan masyarakat, mendorong daya ekonomi daerah dan dalam hal Pelayanan Publik. “Jika bicara tentang pendidikan, bukan saja hanya membangun pengetahuan. Namun juga mencakup membangun kepribadian atau karakter anak bangsa,” sebutnya.

Berdasarkan Keputusan Gubernur Kalimantan Timur Nomor 821.29/III.3-3179/TUUA/BKD/2017 tertanggal 31 juli 2017 mengukuhkan Kepala Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan di Kubar sebanyak 25 orang. Sementara pada tanggal yang sama, Keputusan Gubernur Kaltim Nomor: 821.29/III.3-3182/TUUA/BKD/2017 mengukuhkan 5 orang pada Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah di Kubar.
Reyber Benhouser Simorangkir


Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here