Lokasi Upacara Peringatan HUT RI ke-72

Personel Satuan Sabhara Polres Kutai Barat sedang melakukan sterilisasi pada kursi undangan di podium Upacara Peringatan HUT RI ke-72 di Taman Budaya Sendawar, Kabupaten Kutai Barat. BRIPDA AGUS PURNOMO-HUMAS POLRES KUTAI BARAT/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK-KABARKUBAR.COM
Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Kutai Barat, dipusatkan di Taman Budaya Sendawar, Jalan Sendawar Raya, Barong Tongkok. Guna mengantisipasi gangguan keamanan, personel Polres Kutai Barat menjalankan pengamanan ketat. Pemeriksaan Kendaraan Bermotor dan Orang dilakukan di pintu masuk TBS.

Menurut Kepala Polres Kubar, AKBP Pramuja Sigit Wahono, sterilisasi ini sebagai bentuk antisipasi pihak kepolisian. Tujuannya, mengamankan dan memastikan upacara yang akan dilakukan hari ini berjalan aman dan tertib. “Kegiatan ini kami lakukan sebagai bentuk antisipasi dan sebagai bentuk untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan” ujarnya, Kamis 17/8/2017 sebelum upacara dimulai.



“Maaf atas ketidaknyamanannya, ini bagian dari pelayanan Polisi pada masyarakat. Juga sudah SOP (standard operating procedure), yang harus kami dijalankan,” imbuh Pramuja yang pernah menjabat Kepala Sub Direktorat I Industri Perdagangan dan Investasi Polda Kaltim ini.

Tidak hanya sterilisasi di podium, petugas juga mengantisipasi gangguan keamanan dengan memasang Road Blocker di pintu masuk Taman Budaya Sendawar, Kamis 17/8/2017. BRIPDA AGUS PURNOMO-HUMAS POLRES KUTAI BARAT/KABARKUBAR.COM

Ditambahkan Kepala Satuan Sabhara Polres Kubar, AKP Kadiyo, petugas telah melakukan sterilisasi titik-titik tertentu di TBS sejak subuh. Jam 7 pagi tadi, anggota Sabhara dan satuan lainnya telah berjaga dan siaga di tempatnya masing-masing. Setiap orang dan kendaraan yang akan masuk ke TBS, diperiksa secara rinci. Dengan alat deteksi yang telah dipersiapkan, termasuk Road Blocker milik Polisi.

“Sterilisasi juga dibantu anggota Satlantas (Satuan Lalu Lintas) di pintu masuk, area sekeliling dan juga podium upacara. Ada anggota Provos dan Sabhara di atas podium,” jelas AKP Kadiyo, yang ditunjuk sebagai Kepala Tim Sterilisasi dari Polres Kubar.

Kadiyo berharap, masyarakat mengetahui dan mendukung pengamanan, demi menjaga keamanan dan ketertiban jalannya upacara. Serta tidak mengganggu khidmatnya upacara. “Kami melakukan tugas kami sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayan Masyarakat. Salah satunya adalah dengan kegiatan seperti ini. Jadi kami berharap masyarakat bisa mematuhi aturan kami dan paham jika ini memang SOP yang harus kami terapkan,” katanya.

Penulis: Bripda Agus Purnomo
Editor: Sonny Lee Hutagalung



Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here