Tahun 2018 Akan Dilaksanakan TMMD di Wilayah Kodim 0912/KBR

Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh (paling tengah), menerima penghargaan dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, yang diserahkan Kepala Staf Angkatan Darat Jendral TNI Mulyono, di Balai Sudirman Markas Besar TNI AD, Jakarta. JONNY MARISMAN/KABARKUBAR.COM

JAKARTA – KABARKUBAR.COM
Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawah Geh, menerima penghargaan dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Selasa 12/12/2017 di Balai Sudirman, Markas Besar TNI AD. Penghargaan diserahkan Kepala Staf Angkatan Darat atau Kasad, Jendral TNI Mulyono. Dalam Rapat Paripurna TNI Manunggal Masuk Desa atau TMMD Ke-38 Tahun Anggaran 2017 di Balai Sudirman, Jakarta.

“Sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih TNI kepada Kepala Daerah, atas dukungan dan bantuan yang diberikan selama pelaksanaan TMMD di wilayahnya,” kata Kasad dalam sambutannya.

Selaku penanggung jawab pelaksanaan TMMD, Jenderal TNI Mulyono mengatakan, TMMD dievaluasi setiap tahunnya. Agar pelaksanaan di tahun berikutnya dapat berjalan lebih baik lagi. Untuk TMMD Tahun Anggaran 2017, banyak diperoleh hal positif dan semua program yang telah dipersiapkan berjalan dengan baik. “Malah antusiasme dari pemerintah daerah sangat tinggi. Bahkan ada beberapa kabupaten dan kota yang mendukung dan menambah anggaran untuk TMMD sehingga hasilnya sangat memuaskan sekali,” katanya.

Bupati Mahulu didampingi Komandan Kodim 0912/KBR Letkol Inf Rudi Setiawan, bersamaPanglima Kodam VI/Mulawarman Mayor Jenderal TNI Sonhadji dan Asisten Teritorial Kodam VI/Mulawarman, Kolonel Infanteri Heri Setya Kusdiantana. JONNY MARISMAN/KABARKUBAR.COM

Dipaparkan Kasad, pelaksanaan TMMD saat ini sudah tiga kali dalam setahun. Jika selama ini dilakukan selama 21 hari, akan ditambah menjadi 30 hari. Sehingga sasaran dapat lebih leluasa lagi untuk diselesaikan.

Anggaran terbesar TMMD, jelas Kasad, adalah TMMD Ke-100 di wilayah Pemkab Purwakarta yang dialokasikan Rp 11.463.990.000. Kemudian TMMD Ke-98 di wilayah Pemkab Mahakam Ulu, senilai Rp 4.029.675.703. Terakhir di Pemkot Medan pada TMMD Ke-99 senilai Rp 3.529.757.372.

Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh, bersama Komandan Kodim 0912/KBR, Letnan Kolonel Infanteri Rudi Setiawan, usai penyerahaan penghargaan oleh Kasad Jenderal TNI Mulyono. JONNY MARISMAN/KABARKUBAR.COM

Diakui Jenderal TNI Mulyono, keberhasilan TMMD tidak lepas dari sinergi yang baik dengan berbagai instansi. Antara lain, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian dan seluruh kabupaten/kota. Juga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pemuda dan Olahraga. Serta Kementerian Dalam Negeri yang akan bersinergi pada TMMD Tahun Anggaran 2018.

Hasil evaluasi penyelenggaraan TMMD Ke-98, 99 dan 100, telah dapat diselesaikan dengan optimal. Dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Membangkitkan kembali semangat gotong royong, menumbuhkan rasa cinta Tanah Air dan membuka keterisoliran daerah.

Para Perwira Tinggi dan Menengah bersama sejumlah Kepala Daerah dan Staf Kementerian terkait di Balai Sudirman, Jakarta. JONNY MARISMAN/KABARKUBAR.COM

Hasil Pekerjaan Sasaran Fisik TMMD tahun 2017 ada 7 hal. Pertama, pembuatan atau rehab jalan sepanjang 455.137 meter. Kedua, pembuatan talud, siring atau saluran air, parit dan irigasi sepanjang 62.684 meter. Ketiga, rehab rumah tidak layak huni sebanyak 706 unit. Keempat, pembuatan 467 unit jamban. Kelima, pembuatan atau rehab gorong-gorong sebanyak 239 unit. Keenam, pembuatan atau rehab jembatan sebanyak 164 unit. Terakhir, penanaman pohon sebanyak 12.970 pohon.

Kegiatan non fisik TMMD tahun 2017, berupa penyuluhan kesehatan, sosial, pertanian dan bahaya narkoba. Juga diberikan penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan dan bahaya Proxi War.

Selain Bupati Mahakam Ulu, penghargaan juga diberikan kepada Walikota Medan, H Tengku Dzulmi Eldin dan Bupati Purwakarta H Dedi Mulyadi. “Ini menambah semangat kita untuk lebih giat membangun daerah, khususnya dalam bekerjasama dengan TNI,” ujar Bonifasius Belawan Geh, usai menerima penghargaan.

“Tahun depan juga direncanakan digelar TMMD Ke-101 di wilayah Kodim 0912/Kutai Barat. Kami mohon dukungan dari seluruh masyarakat dan para pemangku kebijakan,” kata Komandan Kodim 0912/KBR, Letnan Kolonel Infanteri Rudi Setiawan. Ia hadir di Mabes TNI untuk mendampingi Bupati Mahulu menerima penghargaan. #Jonny Marisman

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here