Bersyukur Ikut Andil Atas Mulusnya Jalan Kelay-Tanjung Redep

KONGBENG – KABARKUBAR.COM
Calon Gubernur Kaltim Nomor urut 4, Rusmadi Wongso, mengakui merasa senang karena kondisi jalan yang dilaluinya sudah mulus. Itu dikatakannya saat menempuh perjalanan melalui jalan poros Trans Kalimantan dari Tanjung Redeb menuju Kelay di Kabupaten Berau. “Jalannya sudah mulus. Penumpang mobil bisa tidur nyenyak,” komentar Rusmadi, sesaat menyinggahi Kecamatan Kelay, Selasa 17/4/2018 malam.

Singgah di Kelay, membuat kaget warga ketika melihat sosok Rusmadi dan rombongan berada di kampung mereka. Warga tidak menyangka mantan Sekdaprov Kaltim itu mau bersusah-susah menempuh perjalanan darat dari Tanjung Redeb. “Ini baru calon Gubernur Kaltim yang pertama ke sini (Kelay-red),” kata Panebun, salah satu warga Kelay.

Panebun juga memuji kekuatan fisik Rusmadi meski usia sudah tidak muda. “Bapak Rusmadi ini kuat,” katanya.

Selama perjalanan menuju Kelay, tidak sedikit kendaraan besar melintas. Rombongan Rusmadi sebanyak 6 unit mesti hati-hati melewati tikungan tajam disertai tanjakan dan turunan. “Alhamdulillah, jalanan Kelay sudah mulus. Dan, banyaknya kendaraan besar di jalan menunjukan perekenomian Kaltim itu tumbuh dan bergerak,” kata Rusmadi.

Rusmadi tiba di Kelay, sekitar pukul 22.00 Wita. Sejak sore, pria memulai karir PNS sebagai staf pengajar di Universitas Mulawarman ini berangkat dari Tanjung Redeb menuju Kelay dan singgah di Desa Bukit Makmur Segah, Kecamatan Segah. Di desa ini, Rusmadi menjanjikan jika diberikan amanah memimpin Kaltim, pada tahun pertama memberikan dana desa mandiri Rp 5 miliar untuk daerah tersebut.

“Pemberian dana desa ini bukan bagi-bagi uang. Tapi, dana desa ini sebagai tantangan. Agar masing-masing desa berkompetisi, siap untuk membangun daerahnya,” kata Rusmadi.

Pagi harinya, Rusmadi dan rombongan sudah ada di Desa Marga Mulia Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur. Di tengah menikmati hidangan Coto Makassar, Rusmadi diajak warga setempat meninjau fasilitas khusus perlombaan burung.

Ketika melihat bangunan gantungan sangkar burung, Rusmadi mengakui tidak mampu seperti penghobi burung. Alasannya, penghobi burung harus punya waktu khusus untuk merawat burung, sedangkan dirinya tidak bisa karena kepadatan kerja sewaktu masih Sekdaprov Katim. “Saya sudah 10 kali mau merawat burung, tapi nggak bisa. Masalahnya saya sering bertugas (keluar kota),” kata Rusmadi saat melihat burung Cucakrowo milik warga.

Jabatan terakhir Rusmadi sebagai Sekda Pemprov Kaltim selama 3 tahun, dan 7 tahun sebagai Kepala Bappeda Kaltim, menuntut dirinya harus berpergian ke luar daerah baik itu ke Jakarta maupun keliling Kaltim.

Rusmadi berada di Kecamatan Kongbeng, dalam rangka silaturahmi dan memperkenalkan diri ke masyarakat Desa Miau Baru yang sebagian besar warganya suku Dayak Kayan dan lainnya suku Kutai, Jawa, Bugis.

Sejak 10 April 2018, Rusmadi telah lakukan perjalanan mulai dari Kota Samarinda menuju Panajam Paser Utara melalui Kecamatan Sepaku. Lalu, ke Kabupaten Paser. Rusmadi keliling desa untuk mendekatkan diri kepada masyarakat pedesaan agar mengetahui persoalan di lapangan dan situasi kondisinya. #Achmad Yusuf

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here