Jalan Penghubung Seluruh Kampung Ditargetkan Tuntas Januari 2006

Bupati Kutai Barat, Rama Alexander Asia, menggunting pita peresmian sarana air bersih di Kampung Tanjung Jone pada Jumat, 2 Desember 2005. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

JEMPANG – KABARKUBAR.COM
Penduduk Kampung Tanjung Jone, Kecamatan Jempang, mendapatkan air bersih. Sarana air bersih atau SAB itu sangat menolong mereka dari krisis air yang sering dialami saat kemarau bahkan pada musim penghujan. Fasilitas itu berasal dari swadaya sejumlah pengusaha setempat, dan bantuan Bupati Kutai Barat, Rama Alexander Asia. Sebanyak 400 Kepala Keluarga akan merasakan air bersih langsung ke tiap rumah.

Menurut H Kahar, Tokoh Masyarakat Tanjung Jone yang juga sebagai teknisi SAB mengatakan, fasilitas itu dapat mencukupi kebutuhan seluruh rumah tangga di Tanjung Jone. Dengan sistim pembayaran rekening seperti pola yang diterapkan PDAM.

“Kalau banyak pemakaian, ya banyak juga pemasukan. Karena memakai sistem Kwh. Yang paling menakjubkan, air ini bisa langsung diminum tanpa dimasak. Karena air ini kualitas A dan steril,” katnaya.



Petinggi Tanjung Jone, Hasanuddin menyampaikan terima kasih warganya atas terealisasinya SAB yang sudah lama diidamkan. Ia berharap juga segera dibangun jaringan PLN. Serta renovasi bangunan Balai Pertemuan Umum yang sudah tua dan rusak di beberapa bagiannya.

“Kami mengharap PLN juga bisa membuat lebih terang kampung kami, dan BPU ini segera direnovasi untuk menjadikan Tanjung Jone lebih maju,” ujarnya dalam dialog bersama Bupati Kubar, di BPU Tanjung Jone.



Sementara Camat Jempang, F Darin, mengimbau masyarakat memelihara SAB itu sebagai salah satu wujud kesempurnaan pembangunan. Meski sempat macet pelaksanaannya, namun selesai juga berkat kerja sama unsur Muspida dan Muspika, serta dukungan dana dari Rama Asia.

“Jalan darat yang menghubungkan seluruh kampung di Kecamatan Jempang akan tetap dikerjakan. Targetnya sebelum Januari 2006 akan selesai dengan H Hor sebagai kontraktornya,” jelasnya dalam sambutan.



Di sela acara, Rama Asia menyerahkan bantuan yang diperuntukkan bagi pembangunan Masjid Tanjung Jone sebesar Rp5 juta. Lalu pembangunan Langgar Tanjung Jone Rp2 juta dan Langgar Pulau Lanting Rp2,5 juta.

Setelah meresmikan SAB tersebut, atas permintaan masyarakat Rama Asia mengadakan dialog terbuka dengan masyarakat setempat. Dihadiri juga warga kampung tetangga, yaitu Kampung Muara Ohong dan Pulau Lanting.

Perlu diketahui, kebanyakan penduduk Tanjung Jone adalah suku Bugis yang sudah puluhan tahun mendiami tepian Danau Jempang. Dengan mata pencaharian utama beternak ikan dan bertani. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here