PKPI dan PIKA Tidak Lolos Verifikasi

Penyampaian hasil penelitian administrasi data keanggotaan parpol yang lolos mengikuti Pemilu 2019, Kamis 16/11/2017 di Sekretariat KPU Kabupaten Kutai Barat. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Dari 15 partai politik yang menyerahkan berkas keanggotaan partai politiknya ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kutai Barat, 13 dinyatakan memenuhi syarat sebagai Peserta Pemilihan Umum Tahun 2019. Hal itu terungkap dari pertemuan di Sekretariat KPU Kubar, Kamis 16/11/2017 di Kompleks Perkantoran Pemkab Kubar, Barong Tongkok, pagi tadi.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua KPU Kubar FX Irianto mengumumkan hasil penelitian administrasi data keanggotaan parpol yang lolos mengikuti Pemilu 2019. Irianto didampingi 4 Komisioner KPU Kubar, yakni Martinus, Arkadius Hanye, Johanes Nuel, dan Suhaini.

Tampak hadir Kepala Polres Kubar AKBP Pramuja Sigit  Wahono, Waka Polres Kubar Kompol I Gede Pasek Mulyasa, Pasi Ops Kodim 0912/KBR Kapten Infanteri Sartono, Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Ishak Pongsama.

Sebanyak 13 Parpol dinyatakan lolos menjadi Peserta Pemilu 2019. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Hadir pula Pengurus Tingkat Kabupaten 13 Parpol yang dinyatakan lolos verifikasi faktual. Yakni:

  1. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
  2. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
  3. Partai Golkar
  4. Partai Demokrat
  5. Partai Berkarya
  6. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
  7. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan)
  8. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)
  9. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
  10. Partai Amanat Nasional (PAN)
  11. Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda)
  12. Partai Nasional Demokrat (Nasdem)
  13. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

Sedangkan partai yang tidak hadir adalah Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), serta Partai Indonesia Kerja (PIKA).

“Ada 15 parpol yang mendaftar, tapi di KPU RI ada yang tidak lengkap. Nah, 13 parpol ini memenuhi syarat di KPU RI,” ungkap FX Irianto, usai pertemuan.

“Jika di KPU Pusat dinyatakan tidak lengkap, kita pun ikuti. Sebaliknya jika di KPU Pusat dinyatakan lolos, tetap jadi Peserta Pemilu 2019  meski di Kubar tidak mendaftar,” imbuhnya. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here