Ekti Imanuel: “Pembinaan Balap Motor di Kubar berjalan baik”

Kelas Bebek 2 Langkah 110cc-125cc Tune Up Lokal Kubar menjadi salah satu kelas yang paling menarik dengan suguhan keterampilan pembalap yang bermain ketat di Sirkuit Lanay Jaya, Kecamatan Linggang Bigung, Kabupaten Kutai Barat. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

SAMARINDA – KABARKUBAR.COM

Ikatan Motor Indonesia merencanakan melaksanakan 32 seri kejuaraan sepeda motor di Regional Kalimantan. Terdiri dari 21 seri balap motor dan 11 seri Grasstrack atau Supertrack yang akan digelar di sejumlah sirkuit di Pulau Kalimantan. Salah satunya akan digelar di Sirkuit Lanay Jaya, Kecamatan Linggang Bigung, Kabupaten Kutai Barat.



Informasi diterima KabarKubar, balapan diawali Kejuaraan Provinsi Balap Motor Kalimantan Timur Putaran (Seri) 1 yang digeber di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau. Jadwalnya telah usai, yakni 29 Februari-1 Maret 2020 di Sirkuit Non Permanen Kakaban Aquatic dengan Aditama Motor Club sebagai tuan rumah.

“Kubar akan jadi tuan rumah Seri 3 Kejurprov dengan Mandarin Motor Club. Digelar di Sirkuit Lanay Jaya pada Minggu, 7 Juni 2020 nanti,” ujar Ketua Harian IMI Provinsi Kaltim, Ekti Imanuel pada Senin, 9 Maret 2020.

Menurut Ekti, selama tujuh tahun belakangan cabang olahraga balap motor Kaltim selalu terbaik. Bahkan pada Pekan Olahraga Nasional tahun 2012 dan 2016 lalu, ada empat pembalap Kaltim yang mengangkat nama Bumi Etam. Tiga pembalap di antaranya berasal dari Kubar. Itu menunjukkan jika pembinaan balap motor di Kubar berjalan baik.

Semarak Tidar Fun Race di Sirkuit Lanay Jaya pada Minggu, 2 Desember 2018. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Kubar setiap tahun di Regional Kalimantan selalu juara umum. IMI Kaltim berharap agar pemerintah 10 kabupaten/kota se-Kaltim dapat mendukung kegiatan otomotif ke depan,” harap Ekti yang juga Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya.

Soal pembinaan balap motor, Sirkuit Lanay Jaya telah dibuka untuk umum setiap Sabtu dan Minggu dengan tema Fun Race. Agar mereka yang berminat di dunia balap motor dapat menyalurkan bakatnya di tempat yang tepat. Tidak jadi ugal-ugalan di jalanan, dan merugikan orang lain. “Tahun 2019 ada lima kejuaraan resmi digelar di Sirkuit Lanay Jaya. Seri Pertama Regional Kalimantan dan empat seri Kejurprov. Tahun ini resminya ada satu seri di bulan Juni,” katanya.

Berikut Kalender Olahraga Sepeda Motor IMI Kaltim tahun 2020:

Tanggal Putaran Club Lokasi Jenis
1 Maret 1 Aditama MotorSport Berau Balap Motor
8 Maret

SuperTrack Putaran 1

22 Maret 1 Kejuaraan Nasional Kaltim Balap Motor
29 Maret

OnePrix Putaran 1

Balap Motor
5 April 2 SOSC Kutim Balap Motor
19 April 1 Kejuaraan Nasional Kalbar Balap Motor

SuperTrack Putaran 2

7 Juni 3 Mandarin Motor Club Kubar Balap Motor
14 Juni

OnePrix Putaran 2

Balap Motor
28 Juni 4 Contras Berau Balap Motor
1 ProStreet Muara Badak SuperTrack
5 Juli 2 Kejuaraan Nasional Kaltara Balap Motor
12 Juli 1 Kejuaraan Nasional Kaltara SuperTrack
19 Juli

OnePrix Putaran 3

Balap Motor
2 Agustus 5 BadBoy ’90 MC Samarinda Balap Motor

SuperTrack Putaran 3

9 Agustus 2 Kejuaraan Nasional Kalteng SuperTrack
16 Agustus

OnePrix Putaran 4

Balap Motor
3 Kejuaraan Nasional Kalbar SuperTrack
30 Agustus 6 Icha Sport Samarinda Balap Motor
6 Sept 4 Kejuaraan Nasional Kalteng Balap Motor
20 Sept

OnePrix Putaran 5

Balap Motor
27 Sept

SuperTrack Putaran 4

11 Oktober 7 BadBoy ’90 MC Samarinda Balap Motor
25 Oktober 2 Tholetta PPU SuperTrack
1 Nov 8 Tech21 Samarinda Balap Motor
15 Nov

OnePrix Putaran 6

Balap Motor

Grand Final Grass Track

22 Nov

SuperTrack Putaran 5

29 Nov 5 Kejuaraan Nasional Kalsel Balap Motor
6 Des 9 45 Racing Club Kutim Balap Motor
13 Des 10 BRM MotorSport Paser Balap Motor



Informasi ajang balap motor di Kubar banyak dipertanyakan. Selain menjadi hiburan bagi masyarakat, gelaran balap motor ditunggu oleh para pembalap lokal. Tidak hanya menyalurkan bakat dan kesukaan, tapi juga mencetak prestasi pribadi dan daerah asal. “Di kubar ada lagi kah race tahun ini?” tanya akun Facebook Andi Surajuddin di Grup Keluhan & Saran Warga Kubar & Kaltim Ibu Kota NKRI pada Minggu, 8 Maret 2020 pukul 11.56 Wita. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here