Kapten Arm Sarifuddin : “Bersama Rakyat TNI Kuat, Bersama TNI Rakyat Sehat”

Sebanyak 28 regu gerak jalan mengikuti perlombaan yang diselenggarakan Koramil 0912-12/Melak yang bertemakan ‘Bersama TNI, Rakyat Sehat’, Sabtu 7/10/2017. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

MELAK – KABARKUBAR.COM
Komando Rayon Militer 0912-12/Melak Jajaran Kodim 0912/KBR menggelar perlombaan gerak jalan, Sabtu 7/10/2017. Kegiatan tersebut, diikuti oleh pelajar SLTP dan SLTA sederajat dari 6 Kecamatan yang ada di Kutai Barat. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia yang Ke- 72 (5 Oktober 2017).

Lomba gerak jalan diikuti oleh 28 regu, yakni sebanyak 600 lebih pelajar dari berbagai sekolah. Peserta dilepas oleh Komandan Rayon Militer 0912-12/Melak, Kapten Arm Sarifuddin. Mereka dilepas di Lapangan Karang Rejo, Kampung Sendawar, Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat.


Komandan Distrik Militer 0912/KBR, Letkol Inf Hendriawan Senjaya mengatakan, perlombaan gerak jalan dilaksanakan dengan tujuan melatih dan menanamkan sikap disiplin kepada para pelajar. Tentunya juga, dengan kegiatan ini, TNI ingin mengajak pelajar untuk hidup sehat dengan berolahraga. Dengan disiplin serta mengisi kegiatan dengan positif, diharapkan akan menghindari para pelajar dari hal yang bersikap negatif.

Danramil 0912-12/Melak, Kapten Arm Sarifuddin saat melepas peserta gerak jalan di Lapangan Karang Rejo, Kampung Sendawar, Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat, Sabtu 7/10/2017. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

“Kegiatan ini guna menanamkan disiplin kepada pelajar. Juga sebagai ajang mengolahragakan pelajar. Tentunya juga sebagai jalinan silaturahmi antar pelajar di- 6 kecamatan,” ujar Dandim 0912/KBR Letkol Inf Hendriawan Senjaya melalui Danramil 0912-12/Melak, Kapten Arm Sarifuddin.

Orang nomor satu Koramil 0912-12/Melak itu menuturkan, TNI menanamkan semangat kerjasama dan semangat kompetisi yang positif secara dini kepada para generasi muda. Melalui kegiatan ini, kiranya akan mempersiapkan generasi muda yang akan menjadi pemimpin di masa yang mendatang.


Rute yang ditempuh yakni sekitar 5 Km, start di Lapangan Karang Rejo- Finish di Kantor Kecamatan Melak. Para peserta gerak jalan tampak berbaris rapi sambil menyanyikan Yel-yel serta melakukan berbagai gerakan inovatif.

Salah satu peserta gerak jalan saat menyanyikan Yel-yelnya serta melakukan gerak kreatif, Sabtu 7/10/2017. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

Dalam hal penilaian, Koramil 0912/Melak menempatkan 3 pos penilaian. Pada Pos pertama, kriteria penilaian yakni kerapian barisan dan kerapian pakaian. Pos kedua, kreasi dan perjuangan (pemilihan Yel-yel serta lagu perjuangan guna membangkitkan semangat). Sementara di Pos ketiga dinilai gerak kreasi, disiplin serta ketepatan waktu gerak.

“Kegiatan ini berjalan lancar atas bantuan dari berbagai elemen masyarakat. Baik itu tokoh masyarakat, perusahaan, pihak sekolah, termasuk anak muda serta pihak lainnya. Semua stackeholder itu mendukung. Kegiatan ini positif bagi para pelajar, sehingga mereka akan terbiasa dengan kompetisi positif dan menyalurkan kreasi. Tentunya akan menjauhkan mereka dari kenakalan remaja,” jelas Sarifuddin.

Danramil 0912-12/Melak, Kapten Arm Sarifuddin saat membacakan nama regu juara berdasarkan penilaian tim juri. Sabtu 7/10/2017. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

Berdasarkan hasil penilaian tim juri, SMK Negeri 1 Melak bernomor punggung 20, dengan nilai 244 berhasil menyabet Juara 1. Juara 2 diraih PPA dengan nilai 243 serta Juara 3 jatuh ke tangan regu SMP Negeri 1 Melak, dengan nilai 242. Sementara, SMK Negeri Mook Manaar Bulatn meraih juara harapan 1, dengan skor 241. Juara harapan 2 diraih SMK Kesehatan Kartini dengan poin 237 serta SMP Negeri 1 Melak meraih juara harapan 3 dengan total nilai 236.

“Kepada Juara 1, 2 dan 3, Panitia menyediakan Piala, Piagam dan uang pembinaan. Sementara Juara harapan 1, 2 dan 3 berhak mendapat uang pembinaan dan piagam, “ pungkasnya. #Reyber Benhouser Simorangkir


Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here