Memahami dan Merencanakan Strategi Saat Terjadi Bencana

Rapat Koordinator Lintas Sektor Bidang Kesehatan dan Review Restra Disker Kubar, Selasa 10/10/2017, di Ruang Diklat Lantai III Kantor Bupati Kubar. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Guna penanganan bencana yang baik, Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Barat berkordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Melalui Rapat Koordinator Lintas Sektor Bidang Kesehatan dan Review Restra Disker Kubar, Selasa 10/10/2017, di Ruang Diklat Lantai III Kantor Bupati Kubar.

Kepala Diskes Kubar, Aliman mengatakan, pertemuan lintas sektor dilakukan dengan inisiatif dinas. Sebab perlu kordinasi antar dinas dalam penanganan sejumlah hal di tengah masyarakat, termasuk penanganan bencana. “karena tidak bisa ditanggung sendiri dan tentu harus didukung semua pihak lintas sektor juga masyarakat, agar berhasil,” katanya.

Kepala BPBD Jenton bersama Kepala Dinas Kesehatan Aliman, dan Staf pada Rapat Koordinator, Selasa 10/10/2017  kemarin. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

“Menindaklanjuti rencana pembentukan tim ini, dan sebagai Tanggap Bencana dan Krisis, agar dapat berjalan dengan baik,”  imbuh Sekretaris Diskes Kubar, Barnabas, dalam rapat yang dihadiri juga Kepala Seksi Penanggulangan Penyakit, David Imanuel.

Kepala Pelaksana BPBD Kubar, Jenton menegaskan, kegiatan ini untuk mengumpulkan data-data dengan kebutuhan, bukan kepentingan. Sebab penting untuk mengetahui apa yang terjadi di lapangan. Seperti jika ada banjir, kebakaran, longsor, atau jika ada konflik sosial.

“Jadi masukan-masukan dari warga ini dibutuhkan para narasumber. Dan juga perencanaan ke depan sektor lintas ini, dengan rencana strategis kesehatan dalan perencanaan di tahun 2018. Agar tidak putar balik untuk berpikir kembali,” ujar Jenton yang pernah menjabat Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Rapat yang juga diikuti seluruh Kepala Bidang dan Kasi pada Diskes Kubar, Perwakilan Dokter Puskesmas dari 16 kecamatan, diisi pula senam peregangan bersama. #Lilis Sari

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here