Hasil Seleksi Siswa Pesepakbola dari 16 Kecamatan

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Disdikbud Kubar, Yakobus Yamon, memberikan pengarahan kepada 18 pesepakbola yang menjadi utusan bertanding di ajang Gala Siswa Indonesia tingkat Provinsi Kalimantan Timur. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Kemarin, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Barat mengirim 18 pesepakbola ke Kota Samarinda. Mereka para pelajar hasil seleksi dari 16 kecamatan melalui Kompetisi Gala Siswa Indonesia tahun 2019 yang digelar di Stadion Swalas Gunaaq, Barong Tongkok, 11-15 Juni 2019. Akan ikut berlaga dalam GSI Tingkat Provinsi Kalimantan Timur pada 5-7 Agustus 2019 ini, mereka ditargetkan sedikitinya meraih peringkat tiga besar.

“Tahun lalu kita meraih peringkat IV di GSI Provinsi. Kita harap, Tim Gala Siswa Kubar ini bisa masuk final. Semoga setidaknya mencapai tiga besarlah,” kata Kepala Disdikbud Kubar, Silvanus Ngampun, Senin 5/8/2019.



Menurut Silvanus Ngampun, hasil paling penting bukan prestasi atau juara. “Tetapi anak-anak dilatih dan dibentuk karakternya. Yakni memiliki semangat juang tinggi, kompak, kerja sama tim, dan sportif,” paparnya.

Pelepasan Tim Gala Siswa Indonesia Kabupaten Kutai Barat, Minggu 4/8/2019 di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Barat. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Yakobus Yamon selaku  Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Disdikbud Kubar, berharap tim yang akan bertanding di provinsi mendapat hasil maksimal untuk nama daerahnya. Dan mendapat segudang pengalaman bermain sepakbola. Sehingga menghasilkan pesepakbola yang berbakat dan menjadi penyemangat bagi kaum muda untuk menyalurkan hobi.

“Selamat berjuang bagi seluruh Tim Gala Siswa, dan harus selalu menjaga kesehatan terutama stamina. Bertandinglah dengan sportif,” ujarnya saat memberikan pengarahan kepada seluruh Tim GSI Kubar, kemarin.

Kepada KabarKubar, Yamon menjelaskan, 18 pesepakbola tersebut merupakan hasil seleksi dari sekolah-sekolah di 16 kecamatan se-Kubar. Diawali dari setiap sekolah tingkat SMP atau MTs membentuk tim sepakbola, dan diseleksi di tingkat kecamatan masing-masing. Hasilnya, 12 tim kecamatan bertanding dalam ajang GSI Kabupaten Kutai Barat.

“Selama pertandingan kemarin itu kita melakukan seleksi pemain. Jadi 18 siswa ini bukan dari satu kesebelasan yang menjadi juaranya. Tapi dari seluruh tim itu kita saring. Sedangkan tim yang menang, tetap kita berikan penghargaan,” ungkapnya.



Dalam pembukaan GSI Kubar, Juni 2019 lalu, Bupati Kubar FX Yapan menyatakan kegiatan itu menjadi wadah menumbuhkembangkan bakat dan prestasi generasi muda. Juga merupakan wujud dukungan atas Program Nawacita Presiden R Joko Widodo. Yakni Revolusi Mental melalui bidang olahraga, menumbuhkan karakter positif bagi pelajar atau siswa.

GSI juga diharap jadi ajang pendidikan karakter bagi pelajar dalam upaya membangun disiplin, kerja keras, gotong-royong, dan kerja sama sejak usia dini. Sekaligus momentum menggali potensi anak didik, terarah pada kegiatan positif dan sehat melalui ekstrakurikuler sekolah. “Melalui ajang sepak bola, saya berharap lahir bibit-bibit atlet berbakat. Sehingga dapat memajukan persepakbolaan Kubar,” ujarnya melalui Asisten II Setkab Kubar, Ayonius. #Lilis Sari

Komentar Anda

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here