Sengaja Dilakukan Di Akhir Pekan, Ditemukan 13 Pelanggaran

Razia yang digelar Sabtu 3/2/2018 pagi tadi, diikuti juga personel Dinas Perhubungan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat. BRIPDA RIDHO KURNIAWAN-HUMAS POLRES KUTAI BARAT/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Kepolisian Resor Kutai Barat menggelar razia mendadak, Sabtu 3/2/2018 pagi tadi. Tidak hanya kepolisian, razia yang diikuti 70 personel itu juga diisi anggota Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Perhubungan Pemkab Kubar. Tujuannya, menekan angka pelanggaran lalu lintas, khususnya di kawasan perkotaan Sendawar.

Razia yang digelar di Jalan Sendawar Raya Kelurahan Barong Tongkok, Kecamatan Barong Tongkok itu, mendapati 13 pelanggaran. “Barang bukti kendaraan roda dua ada 4 unit, surat menyurat berupa SIM dan STNK (surat tanda nomor kendaraan), serta 1 temuan surat,” ujar Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Kubar, AKP Angga Indarta, melalui Kepala Unit Patroli dan Pengawalan, Inspektur Dua Iwan Purwanto.

Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, razia gabungan juga didampingi personel Satuan Sabhara Polres Kutai Barat yang bersenjata laras panjang. BRIPDA RIDHO KURNIAWAN-HUMAS POLRES KUTAI BARAT/KABARKUBAR.COM

Menurut Ipda Iwan Purwanto yang memimpin razia gabungan, ada 24 anggota Satlantas dalam 70 personel gabungan tersebut. Kemudian 30 personel dari Dishub dan 32 anggota Satpol PP. “Yang 4 sisanya adalah anggota Patroli Motor dari Satuan Sabhara Polres Kubar,” katanya.

Dijelaskan Kepala Polres Kubar, Ajun Komisaris Besar Polisi I Putu Yuni Setiawan, razia mendadak sengaja dilakukan hari Sabtu. Untuk melihat seberapa tertibnya masyarakat dalam mematuhi peraturan berkendara. Juga soal penggunaan alat keselamatan dalam mengendarai kendaraan.

“Razia kali ini sengaja kita gelar saat week end (akhir pekan), biasanya pada hari libur seperti ini masyarakat kurang memperhatikan ketertiban berkendara,” ungkap Putu Setiawan yang pernah menjabat Wakil Kepala Polres Kota Cirebon.

Razia gabungan tersebut, imbuh Kapolres, salah satu bentuk antisipasi pelanggaran lalu lintas di jalan raya. Termasuk mulai menyadarkan masyarakat untuk tetap memperhatikan kelengkapan kendaraan dan surat-surat kendaraan. Masyarakat diminta tidak takut, dan tidak berpikir Polisi sengaja mencari-cari kesalahan. Namun ini merupakan salah satu bentuk perhatian Polisi kepada masyarakat. Agar tetan aman dan selamat saat berkendara.

Polisi berharap masyarakat bisa bekerjasama dengan baik. Sebab semua yang dilakukan dalam razia merupakan bentuk antisipasi hal-hal tidak diinginkan dalam berkendara. “Kami mengutamakan keselamatan pengendara dan kelancaran dalam berkendara. Semoga warga Kubar semakin memahami peraturan lalu lintas,” ucap AKBP Putu Setiawan. #Bripda Agus Purnomo/Humas Polres Kutai Barat

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here