Tim ISA Kubar Diundang Merebut Piala Ketua Umum PSSI Tahun 2018

Walikota Balikpapan, Rizal Effendy dan Presiden Fossbi Indonesia, Zuchli Imran Putra, bersama Tim Fossbi Kaltim dan Fossbi Balikpapan, Rabu 22/11/2017 siang tadi. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BALIKPAPAN – KABARKUBAR.COM
Empat pesepakbola junior Kabupaten Kutai Barat dipanggil oleh Forum Sekolah Sepak Bola Indonesia atau Fossbi Provinsi Kalimantan Timur. Para belia berusia di bawah 14 tahun itu, diminta bergabung di tim sepakbola yang akan bertarung di Kejuaraan Nasional II Fossbi di Kota Solo, Jawa Tengah. Sayangnya, hanya seorang yang dapat berangkat bersama 34 pesepakbola junior dari 5 kabupaten dan kota se-Kaltim.

Mereka adalah Romeo Excel Purnama dari Kampung Dempar Kecamatan Nyuatan, Ibnu Danuarta Hidayat dan Brill Abraham asal Kampung Lambing Kecamatan Muara Lawa, serta Imanuel Christian dari Kampung Geleo Baru Kecamatan Barong Tongkok. Mereka merupakan pemain yang mengukir prestasi di sejumlah turnamen sepakbola nasional.

Bahkan bersama Tim Imran Soccer Academy Kubar, menyabet Juara I pada pertandingan internasional bertajuk Turnamen Sepakbola Indonesia Gold Drink International Cup 2017. Turnamen yang digelar 22-24 April 2017 untuk pesepakbola usia muda itu tidak hanya diikuti 50 tim dalam negeri, tapi juga 10 tim dari luar negeri. Mereka berasal dari Spanyol, Belanda, Malaysia, Filipina dan Singapura.

“Hanya Romeo yang berposisi striker ikut ke Solo. Pagi tadi tim dilepas oleh Walikota Balikpapan, Rizal Effendy dan Presiden Fossbi Zuchli Imran Putra,” ungkap Sekretaris Fossbi Kubar, Marthin Septa Rosario Manalu, Rabu 21/11/2017.

Romeo Excel Purnama dari Kampung Dempar Kecamatan Nyuatan (kedua dari kanan bagian belakang), siap bertarung membela Kaltim di ajang bergengsi dan berskala nasional di Solo, Jawa Tengah.

Marthin yang juga Pelatih ISA Kubar, mengakui kendala membuat Ibnu dan Brill tidak ikut membela Fossbi Kaltim karena masalah pendanaan. Setiap pemain diharuskan membayar Rp 3 juta untuk kostum, hotel, konsumsi, tiket pesawat dan segala keperluan selama mengikuti turnamen. “Kalau Imanuel sejak awal tidak diberikan izin oleh pihak sekolahnya, padahal orangtuanya sudah siap memberangkatkan anaknya,” katanya.

Sedianya mereka akan bergabung bersama pesepakbola junior di kelompok usia di bawah 14 tahun dari Kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur, Kota Balikpapan, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kubar. Imanuel di posisi striker, Brill dan Ibnu bertindak sebagai pemain belakang atau bek.

“Kalau anak-anak dari daerah lain, mereka dibantu sponsor setempat. Jika ada sponsor, Kubar bisa mengirimkan tim lengkap, karena memang telah diundang sebagai tim oleh panitia,” imbuh Marthin yang juga pegawai Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah.

Tahun 2018 mendatang, Tim ISA Kubar telah diminta untuk ikut memperebutkan Piala Ketua Umum PSSI. Dalam ajang Imran Cup Nasional ke VI, yang akan digelar 24-25 Pebruari 2018. “Mudah-mudahan nanti mendapat sponsor, agar bisa ikut mengharumkan nama Kubar di kancah nasional. Dan memberi kesempatan lagi bagi anak-anak kita untuk mendapat pengalaman bertanding,” ujar Marthin. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here