Aktif Kembali Setelah 10 Tahun Sepi

Rumah Potong Hewan di Kampung Balok Asa memiliki fasilitas memadai dan menyiapkan Jagal berpengalaman. IWAN RAIS/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Dibangun tahun 2007, Rumah Potong Hewan di Kampung Balok Asa, Kecamatan Barong Tongkok, baru tampak dioperasikan 10 tahun kemudian di tahun 2017. Tekad besar Pemerintah Kabupaten Kutai Barat agar peruntukan RPH ini tercapai, sehingga difungsikan secara optimal. Tanpa mengedepankan retribusi atau pemasukan asli daerah, RPH menyiapkan Jagal atau orang yang bertugas menyembelih hewan dengan profesional.



Dikatakan Bupati Kubar, FX Yapan, upaya pemenuhan pangan di masa mendatang akan menghadapi tantangan yang semakin berat. Kubar sebagai Penyangga Ibu Kota Negara harus dapat menyiapkan dan menghasilkan produk (beras, jagung, kedelai, ubi kayu, ternak, ikan) untuk kebutuhan. Sumber penghasil bahan pangan juga sangat berpengaruh besar terhadap keberlanjutan kehidupan manusia.

Terkait pembukaan RPH di Kampung Balok Asa, bupati menyambut baik. Sebab RPH sendiri memiliki fungsi pengawasan, pemeriksaan sebelum dan sesudah hewan dipotong. “Oleh sebab itu, mari manfaatkan keberadaan RPH ini dengan sangat baik, agar tujuan peruntukkan dapat tercapai,” katanya dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Kabupaten Kubar, Yacob Tullur, saat Peringatan Hari Pangan Sedunia Ke-39 dan Pembukaan Rumah Potong Hewan, Selasa 19/11/2019 lalu.

Usai membuka RPH, Sekda menegaskan agar mereka yang ada dalam struktur RPH tidak mengedepankan PAD. Tetapi bagaimana membuat masyarakat berminat untuk datang ke RPH. Diakuinya, pemerintah membutuhkan PAD dari banyak hal. Tapi masyarakat diminta tidak dibebani untuk membayar retribusi, sebaliknya bagàimana diberi kemudahan.

“Urusan retribusi soal nanti setelah berjalan baik. Tingkatkan semangat dan ekonomi dulu. Saya harap tempat ini membuat orang semangat memotong hewan disini. Itu sudah syukur, jangan dulu bicara persennya. Kita sukses jika bisa merangkul orang memotong hewan disini,” katanya kepada KabarKubar.

Sekretaris Kabupaten Kutai Barat, Yacob Tullur, meresmikan pembukaan Rumah Potong Hewan di Kampung Balok Asa, Kecamatan Barong Tongkok, Selasa 19/11/2019. IWAN RAIS/KABARKUBAR.COM

Dijelaskan Kepala Dinas Pertanian Kubar, Petrus, dalam struktur RPH ada Kepala Bidang Peternakan, Sapriansyah di bawahnya. Kemudian drh Christine Susanti selaku Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner, dan Koordinator RPH adalah Dalpius. Ada juga petugas Adiministrasi, Teknis dan Keamanan yang diisi Edi Sunarson dan Krismanto.

Standar Operasional Prosedur RPH dimulai dengan pemeriksaan dokumen hewan yang akan disembelih sebelum masuk ke RPH. Lalu hewan dibawa ke Kandang Istirahat yang dilanjutkan dengan pemeriksaan Ante Mortem, barulah dilakukan pemotongan atau penyembelihan. Setelah itu dilakukan pemeriksaan Post Mortem, lalu pemberian cap daging dan penimbangan. Usai itu, barulah bisa dibawa ke pasar

“Sekarang ada tukang potong yang berpengalaman, dan siap di tempat,” jelas Petrus kepada Sekda, Yacob Tullur yang didampingi Camat Barong Tongkok, Denasius Sodop.



Petinggi Balok Asa, Susanto mengatakan, pemerintah Kampung Balok Asa siap memfasilitasi hal-hal yang dibutuhkan RPH. “Masyarakat disini juga menyambut baik pembukaan RPH, semoga akan ramai nantinya,” katanya. #Iwan Rais

Komentar Anda

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here