Tumbuhkan Kesadaran Tertib Lalu Lintas Lewat Razia

Seorang pengendara motor sedang diperiksa surat-surat kendaraannya oleh Petugas Satlantas Polres Kubar, dalam razia di Jalan Hasanuddin Kelurahan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok, Rabu 26/72017. BRIPDA AGUS PURNOMO-HUMAS POLRES KUTAI BARAT/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK-KABARKUBAR.COM
Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kutai Barat menggelar razia kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor dan perlengkapan berkendara. Sebanyak 30 personil diperkuat Satuan Sabhara, diturunkan di ruas Jalan Hasanuddin Kelurahan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok, Rabu 26/7/2017 pagi. Tim dipimpin Kaur Bin Ops Satlantas Polres Kubar, Inspektur Dua Bagus Agung Subahendro.

Razia kendaran yang melintas dari arah kawasan Sumber Sari dan sebaliknya, menyasar para pengendara roda dua dan roda empat. Selain kelengkapan surat-surat, perlengkapan pengendara juga diperiksa. Salah satu yang utama adalah pemkaian helm bagi pengendara roda dua atau motor.

Uniknya, seribu satu cara dilakukan pengendara agar tidak terjaring razia. Ada yang seketika berbalik arah saat melihat ada sejumlah Polisi Lalu Lintas berdiri di tepi jalan. Sering kali polisi yang merazia kewalahan menghadapi banyaknya pemotor yang melanggar memberi alasan agar lepas dari denda tilang. Ada yang beralasan sedang terburu-buru sehingga tidak sempat mengenakan helm. “Ada juga yang berdalih mereka tidak membawa surat-surat karena ketinggalan,” ujar Ipda Bagus Agung Subahendro di lokasi razia.



KBO Satlantas ini menegaskan, kegiatan tersebut merupakan tindakan preventif untuk masyarakat. Supaya terbiasa tertib dalam berlalu lintas, baik ada polisi ataupun tidak. Razia, kata dia, dilakukan karena rasa peduli Polisi kepada masyarakat.

Tiga Polisi Wanita dari Satuan Lalu Lintas Polres Kutai Barat menjelaskan pelanggaran hukum kepada salah seoprang pengendara. BRIPDA AGUS PURNOMO-HUMAS POLRES KUTAI BARAT/KABARKUBAR.COM

“Kami tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika masyarakat tidak tertib dalam berlalu lintas. Kami berharap masyarakat melihat kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian dan pengabdian kami, bukan malah sebaliknya” tegas Perwira Lulusan Akademi Kepolisian tahun 2016 ini.

Terpisah, Kepala Polres Kubar AKBP Pramuja Sigit Wahono, mengakui razia sebagai bentuk tindakan untuk menertibkan pengendara yang tidak peduli akan keselamatan berlalu lintas. Contoh paling sederhana, adalah penggunaan helm dan safetybelt atau sabuk pengaman. Masyarakat, kata kapolres, perlu diingatkan akan pentingnya antisipasi keselamatan dalam berkendara.

“Masyarakat perlu diingatkan, dan perlu dibimbing untuk tumbuh kesadaran dalam berlalulintas. Karena kita juga harus menghormati hak para pengendara lain,” tegasnya di ruang kerja.

Penulis: Bripda Agus Purnomo/Humas Polres Kutai Barat
Editor: Sonny Lee Hutagalung



Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here