Untuk Memahami Seni dan Budaya Lokal

Suasana santai dalam Pelatihan Guru Seni Budaya, Kriya dan Musik yang diadakan di SMP Negeri 2 Sendawar. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Dalam Rangka meningkatkan Kompetensi Guru, sebanyak 80 Guru mengikuti Pelatihan Guru Seni Budaya, Kriya dan Musik selama lima hari. Bertempat di lingkungan sekolah SMP Negeri 2 Sendawar, mereka dilatih untuk lebih cakap dalam mengajar siswa dan siswi. Sehingga menjadi sumber daya manusia unggul di masa depan, khususnya di bidang seni dan budaya.



Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Barat, Silvanus Ngampun mengatakan, pelatihan ini diharapkan mampu mengembangkan materi kepada siswa siswi. Sesuai kompetensi yang dimiliki di sekolah masing-masing.

“Saya harap dengan dilaksanakan kegiatan ini semua guru memahami dan tahu budaya daerahnya sendiri. Serta dapat mengajarkannya kepada anak didiknya di sekolah masing-masing,” katanya.

Sebanyak 80 Guru SD dan SMP/MTs dilatih untuk memahami Seni Budaya Lokal. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Diterangkan Ketua Panitia, Missa, kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari. Dimulai pada Selasa, 11 Pebuari 2020 ini dan akan berakhir pada Sabtu, 15 Pebuari 2020. Pelatihan ini diikuti 80 Guru dari 40 Guru tingkat SD, dan 40 Guru tingkat SMP dan dan MTs se-Kabupaten Kutai Barat.

“Kegiatan ini dihadiri dua Narasumber lokal, yaitu Elisabet Fatmawati dan Muttaqim. Pelatihan ini terdiri dari materi dan juga praktek,” urai Missa yang juga Kepala Seksi Pendidikan Dasar SMP dan MTs.

Missa menjelaskan, pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka menjalankan program pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru tingkat SD, SMP dan MTs. Khususnya dalam bidang studi atau Mata Pelajaran Seni Budaya.



“Hal ini bertujuan agar terwujudnya seorang guru seni budaya yang mampu berpikir kreatif, dan dapat memahami budaya daerahnya sendiri,” pungkasnya dalam konfirmasi terpisah. #Lilis Sari

Komentar Anda

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here