Raih Hadiah Rp 10 Juta

0509_Gol pertama final antara PMK vs Manarung A
BOBOL: Kiper Manarung A, Yudisam, tidak mampu menahan tendangan keras yang dilesakkan striker PMK, Dedy (9), hingga bola tetap meluncur menuju mulut gawang. Gol tersebut diciptakan Dedy di menit ke18 di babak pertama yang berlangsung 40 menit.    SONER KLEND SABBATH/KabarKubar.com

BARONG TONGKOK – Kesebelasan Pemadam Kebakaran Kutai Barat menyabet gelar juara pada partai final di Lapangan Sepakbola Simpang Raya, Sabtu (5/9/2015) sore tadi. PMK menumbangkan kesebelasan Manarung A dari Kampung Ombau Asa dengan skor akhir 2-0. Gol tersebut dipersembahkan Dedy dan Wisnu dalam permainan yang sangat menarik perhatian sekitar enam ribu penonton.

Pada turnamen yang digelar dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan ke 70 RI dan ulang tahun ke 4 Kelurahan Simpang Raya, PMK dan Manarung bermain atraktif. Sejak menit awal pertandingan yang dipimpin wasit berlisensi C1, Henderman Supanji, kedua tim saling menekan. Namun, Manarung yang memainkan pola 4-3-3 dengan memasang pemain striker tajam penuh pengalaman, Alansius alias Anyeq, harus mengakui keunggulan PMK dalam waktu 2 x 40 menit.

Manarung lebih dulu mendapat peluang emas di menit ke 15, setelah Sonton (9) yang masuk menggantikan Ferri (14) di menit ke 6 memberi umpan kepada Anyeq (13). Namun pemain binaan PKT Bontang di awal tahun 2000 ini tidak mampu mencetak gol. Sebab bola yang meluncur deras masih jatuh tepat di pelukan kiper PKM, Seno.

Memainkan pola 3-5-2, PMK terus menekan pertahanan Manarung yang dikawal Sandi (15), Yohel (11), Aidil (2) dan Curon (6). Gol akhirnya tercipta di menit ke 18, dengan kerja keras dua striker PMK, Dedy (9) dan Ade Chandra (17). Dedy berjibaku melewati Sandi dan Yohel, lalu melepaskan tendangan keras ke gawang. Bola dapat ditepis Yudisam, tapi tetap meluncur ke mulut gawang.

Di menit ke 22, peluang kembali didapat PMK melalui Dedy. Namun tendangannya masih melambung jauh di atas mistar gawang, meskipun telah berdiri berhadapan dengan kiper Yudisam. Tertinggal satu gol, Manarung justru terus mendapat tekanan. Pemain bernomor punggung 7, Nius, berhasil melewati pemain belakang Manarung di menit ke 27. Sayangnya, masih gagal mengeksekusi setelah berhadap-hadapan dengan kiper.

Manarung merubah taktik dengan menarik Anyeq ke belakang untuk mendampingi Kinton (5) di wilayah tengah. Posisinya sebagai striker digantikan Doni (8). Menit 36, melakukan pergantian pemain pertama kalinya. Kolon (5) digantikan Suprianto (14). Babak pertama pertandingan yang diawasi hakim garis Yonathan dan Juniansah itu berakhir dengan skor sementara 1-0 untuk kemenangan PMK.

0509_Peluang Alansius
BERJIBAKU: Alansius alias Anyeq (13), bekerja keras menembus pertahanan PMK Kubar yang digawangi Ambo (3) dan kiper Seno. Hingga 2 x 40 menit berakhir, PMK mencetak dua gol tidak berbalas dan menyingkirkan Manarung A dari posisi juara bertahan di turnamen sepakbola dalam rangka ulang tahun ke 4 tahun Kelurahan Simpang Raya dan HUT ke 70 RI di Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok, Kutai Barat.    SONER KLEND SABBATH/KabarKubar.com

Mengawali babak kedua, PMK langsung mengadakan pergantian pemain dengan memasukkan Suwisnu (8) yang diposisikan sebagai pengatur permainan dari wilayah tengah. Di menit ke 43, Manarung mengganti Buce (19) dengan Yason (18) untuk menjadi Stopper. Kemudian di menit ke 53, kembali melakukan pergantian Curon (6) kepada Carlos (10). Dua menit kemudian Eko (16) masuk menggantikan Doni yang memegang ban Kapten.

Dedy kembali mendapat peluang emas di menit ke 56 dengan melewati Yason. Setelah berhadapan dengan kiper, Dedy menyodorkan bola ke Ade Chandra. Meski hanya berjarak sekitar 2 meter dari gawang, bola masih bisa dihalau Yudisam, karena kontrol bola oleh Ade Chandra lambat.

Menit ke 61, Yohel ditarik keluar dan digantikan Linco (17) sebagai bek kanan. Namun peluang kembali diperoleh PMK di menit ke 64. Setelah Ade Chandra menerima umpan dari Chevi (13), melewati Yason dan langsung melepaskan tendangan keras. Bola masih membetur tiang atas kiri dan memantul kembali ke kotak pinalti. Dedy sigap menjemput bola, tapi bola yang disepak masih melambung di atas mistar gawang.

Anyeq yang sibuk hingga ke barisan pertahanan Manarung, mengambil posisi kembali ke lini depan. Taktik tersebut tetap tidak membuahkan hasil memuaskan. Justru di menit ke 72, Wisnu menambah gol untuk PMK. Berawal dari gocekan Ade Chandra melewati Linco di kiri pertahanan Manarung, dan memberi umpan balik ke depan gawang. Wisnu menyambut umpan, kemudian mengecoh Yason dan melepaskan tendangan pelan melewati kaki kiper. Hingga 40 menit terakhir, Henderman Supanji meniup peluit dengan kemenangan PMK 2-0 atas Manarung.

0509_PMK Kubar vs Manarung A
FAIR PLAY: Pertandingan final antara Manarung A melawan PMK Kubar yang dipimpin wasit berlisensi C1, Henderman Supanji, Sabtu (5/9/2015) sore di Lapangan Sepakbola Simpang Raya, Kutai Barat, berlangsung aman dan tertib. Tidak satupun kartu kuning maupun kartu merah dikeluarkan oleh wasit.    SONER KLEND SABBATH/KabarKubar.com

PMK yang pada semifinal mengalahkan kesebelasan Bina Taruna Kampung Keay Kecamatan Damai dengan skor telak 4-0, akan menerima hadiah dari Panitia Turnamen senilai Rp 10 juta. Sedangkan Manarung yang berpredikat juara pada tahun lalu dan menumbangkan tim Pemuda GKII dengan skor 5-0 di semifinal, berhak atas hadiah uang pembinaan senilai Rp 7 juta.   #Soner Klend Sabbath

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here