Lembaga Adat Dampingi Orangtua Melapor ke Polisi

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Kutai Barat, Iptu H Iswanto. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

LONG BAGUN – KABARKUBAR.COM  
Dengan lugu, Melati (nama samaran) menunjukkan selembar uang pecahan Rp10.000 kepada ayahnya. Gadis kecil berusia 8 tahun itu baru saja pulang dari bermain bersama teman-temannya pada Kamis, 25 Juni 2020 sekira jam 9 pagi. Ia mengaku uang itu diberi pamannya, Fz.



“Abis dikasih uang sama ayaq (paman),” kata Kepala Kepolisian Resor Kutai Barat, AKBP Roy Satya Putra melalui Kepala Satuan Reserse Kriminal, Iptu H Iswanto, menirukan ucapan Melati kepada ayahnya.

Sambil menunjukkan uang itu, Melati mengaku telah disetubuhi Fz yang merupakan suami dari adik ayah kandungnya. Sambil membuat isyarat tangan yang diartikan bersetubuh, Melati melaporkan sesuatu yang membuat ayahnya kaget.

“Saya tadi diajak begini (sambil menunjukkan isyarat tangan) dengan ayaq (seraya menyebut nama pamannya),” ujar Kasat Reskrim, kembali menirukan perkataan Melati.

Mendengarnya, ayah Melati menceritakan hal itu kepada istrinya. Kemudian ibu melati berusaha mengorek keterangan dari putri kecilnya itu. Melati pun bercerita bagaimana pamannya memperlakukannya, dan menyetubuhinya. Hingga selesai dan dihadiahi uang Rp10.000.

Marah mendengar celoteh putri kecilnya yang masih duduk di Kelas 4 SD, ia pun mendatangi Lembaga Adat kampung yang berada di wilayah Kecamatan Long Bagun itu. Kepala Adat setempat menyarankan kejadian tersebut dilaporkan ke Polisi.



“Kepala Adat mendampingi ayah korban melapor ke Polsek Long Bagun. Atas laporan tersebut, Fz kami jemput dan dilakukan pemeriksaan. Fz ditetapkan sebagai tersangka, dan saat ini ditahan di ruang tahanan Mapolres Kubar di Barong Tongkok,” beber Iptu H Iswanto pada Jumat, 10 Juli 2020.

Tersangka yang berusia 45 tahun itu terancam hukuman penjara selama 15 tahun penjara. Ia disangkakan dengan Pasal 81 ayat 2 Undang Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Sebagaimana dirubah dengan UU RI Nomor 17 tahun 2016 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU RI Nomor 1 tahun 2016.



Polisi mengamankan pakaian luar dan pakaian dalam korban sewaktu kejadian sebagai barang bukti. #Sonny Lee Hutagalung

Komentar Anda

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here