Butuh Kepedulian Pemerhati Olahraga

Tim Imran Soccer Academy Kutai Barat menjuarai Turnamen Sepakbola Indonesia Gold Drink International Cup 2017, yang digelar 22-24 April 2017 lalu. Turnamen sepakbola usia muda itu tidak hanya diikuti 50 tim dalam negeri, tapi juga 10 tim dari Spanyol, Belanda, Malaysia, Filipina dan Singapura. HUMAS FOSSBI KUBAR/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Sejumlah prestasi telah diukir para pesepakbola junior Kabupaten Kutai Barat di kancah nasional. Bahkan dalam ajang internasional, Tuhin Sepak (anak-anak pesepakbola) mencetak prestasi mengagumkan dengan bimbingan dari Forum Sekolah Sepakbola Indonesia Kubar. Minimnya dana, membuat banyaknya undangan untuk mengikuti turnamen tidak dapat dihadiri.

Prestasi terbaru adalah saat menjuarai Turnamen Sepakbola Indonesia Gold Drink International Cup 2017, yang digelar 22-24 April 2017 lalu. Turnamen sepakbola usia muda itu tidak hanya diikuti 50 tim dalam negeri, tapi juga 10 tim dari luar negeri. Mereka berasal dari Spanyol, Belanda, Malaysia, Filipina dan Singapura.

Roger yang masih 10 tahun, menjadi pemain terbaik Turnamen Fossbi Kubar dan menjadi salah satu pesepakbola terbaik di Turnamen Sepakbola di Provinsi Kalimantan Timur. HUMAS FOSSBI KUBAR/KABARKUBAR.COM

Diadakan di Lapangan Jakarta Japanese Club Sentul City Bogor, peserta turnamen ini adalah anak anak usia 11 tahun, 12 tahun dan 13 tahun. Dan memperebutkan Piala Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Tim dalam negeri, berasal dari Bali, Kalimantan, Papua, Manokwari, Sumut, Jawa Timur, NTB, Jambi, Banten, Jogyakarta, Jawa Barat, Tangsel, Sumatra Selatan, Aceh dan DKI Jakarta.

Di Final Kelompok Umur U-13, Imran Soccer Academy Kutai Barat berhasil menumbangkan SSB Mandala dari Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Piala Juara pun dibawa pulang ke Kubar. Tim ISA Kubar menyingkirkan Tim Provinsi Kaltim yang bermaterikan pemain terbaik dan pilihan dari 6 kabupaten dan kota.

“Kubar membawa 2 tim yang berhasil jadi pemenang. Tim ISA Kubar U-13 keluar sebagai Juara, dan U-12 jadi Runner Up,” ungkap Sekretaris Fossbi Kubar, Marthin Septa Rosario Manalu, di Sekretariat Fossbi Kubar, Jumat 17/11/2017.

Sebelumnya, pesepakbola junior Kubar juga mengukir prestasi membanggakan di Festival Imran Cup V U-12 di Lapangan Yon Mekanis 201 Jakarta Timur, akhir Januari 2017. Di ajang ini, Tim ISA Kubar menyabet Juara III di Kategori U-11.

Di ajang yang diikuti 100 tim sepakbola usia muda itu, ISA Kubar tumbang di Semifinal oleh Tim Bina Sentra Cirebon yang akhirnya menjadi Juara. Setelah tim ini mengalahkan Bionsa Bandung di Final. Kejurnas di Stadion Sultan Agung Kabupaten Bantul itu, digelar 27-29 Desember 2016 dan memperebutkan Piala Menpora RI itu diikuti 44 tim dari 33 provinsi se-Indonesia.

Diungkapkan Marthin yang juga selaku Pelatih ISA Kubar, banyak undangan diterima Fossbi Kubar untuk mengikuti sejumlah turnamen sepakbola skala nasional. Hanya saja, tidak adanya anggaran, mengurungkan niat memberangkatkan tim untuk bertanding. Di Kejurnas Fossbi II di Solo, Jawa Timur akhir November 2017 ini, Fossbi Kubar bergabung dengan tim Provinsi Kaltim.

“Ada 4 pemain junior kita yang dipanggil untuk bergabung, tapi hanya 3 orang akan berangkat, Selasa 21/11/2017 ini. Karena kita tidak ada dana untuk membawa tim ke sana,” ujar Marthin yang mengantongi Lisensi C Pelatih Indonesia.

Presiden Fossbi Indonesia, Zuchli Imran Putra beserta pengurus inti Fossbi Indonesia dan Pelatih Timnas U-16 Fachri Husaini, saat tiba di Bandara Melalan, untuk melantik Pengurus Fossbi Kubar, November 2016.  HUMAS FOSSBI KUBAR/KABARKUBAR.COM

Ditambahkan Bendahara Fossbi Kubar, Fransiskus Xaverius Leri, beberapa pesepakbola junior Kubar juga telah mengecap pengalaman bertanding di luar negeri. Mereka dipanggil bergabung dengan Tim ISA lainnya dari Pulau Jawa. Salah satu pemain telah bermain di Singapura, adalah Romeo Excel Purnama asal Kampung Dempar Kecamatan Nyuatan.

Selama ini, dana diupayakan dari beragam sumber, dan sebagian lagi berupa pinjaman. “Alangkah indahnya, jika ada pihak-pihak yang peduli kemajuan olahraga kita, khususnya sepakbola junior yang sudah terbukti mengukir prestasi nasional dan internasional,” harap Leri. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here