Bangun Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Desa Dengan memberdayakan Lulusan SMK

SAMARINDA – KABARKUBAR.COM
Blusukan ke pasar dan bertemu dengan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), Irjen Pol (Purn) Safaruddin merasakan adanya semangat bisnis para pedagang untuk maju. “Semangat itu menjadi modal kuat pemerintahan mendorong kemajuan ekonomi daerah. Dan rasa optimis bahwa pemerintah akan bersama-sama mereka,” ujar Safaruddin, sesaat setelah blusukan di Pasar Palaran dan bertemu warga pelaku usaha kecil, Sabtu 28/4/2018.

Ketika berdialog dengan pedagang pasar, yang muncul adalah keinginan pedagang agar mereka didekatkan dengan akses permodalan. Apakah itu berupa bantuan pemerintah atau pinjaman perbankan dengan bunga rendah. Permintaan lainnya adalah agar tempat mereka berjualan ditata rapi dan bersih, karena hal itu mendorong kemauan warga datang berbelanja ke pasar.

Pasangan Rusmadi-Safaruddin sudah mempetakan kebutuhan para pedagang kecil dan menengah ini. Akses permodalan adalah point terpenting untuk diusahakan pemerintahan jika kelak keduanya menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim. Selain kerja sama dengan pihak perbankan, pemerintahan mereka kelak menyalurkan dana bantuan permodalan dari APBD Kaltim.

Pelaku usaha kecil lain yang ditemui mantan Kapolda Kaltim itu di Desa Rawa Makmur. Di rumah seorang tokoh warga setempat, sudah berkumpul puluhan warga yang ingin menyampaikan aspirasi mereka kepada Safaruddin. Diskusi berlangsung hangat sambil sarapan nasi kuning. Dalam diskusinya warga menyampaikan bahwa menjelang bulan suci Ramadhan harga bahan pokok semakin naik. Sedangkan warga di desa itu masih banyak yang kesulitan mendapatkan lapangan pekerjaan.

Karena itu, warga menaruh harapan kepada paslon nomor 4 Rusmadi-Safaruddin untuk bisa memberikan solusi bilamana nanti terpilih memimpin Kaltim. Solusi yang ditawarkan warga untuk terciptanya lapangan pekerjaan adalah pemberdayaan masyarakat dengan membuka usaha peternakan dan keramba ikan dari terpal. Menurut warga usaha inilah yang baik dikembangkan di Desa Rawa Makmur karena tidak perlu modal besar.

Kepada warga, Safaruddin mengatakan salah satu program kerja Rusmadi Safaruddin adalah meningkatkan UKM di daerah pinggiran, termasuk Desa Rawa Makmur ini. Diakuinya, kondisi ekonomi masyarakat saat ini memang kurang menguntungkan. Di mana masyarakat kelas bawah lebih banyak kesulitan ekonominya dibandingkan masyarakat kelas menengah.

“Di sinilah peran dan tugas paslon Rusmadi-Safaruddin untuk menaikkan ekonomi masyarakat kelas bawah menjadi kelas menengah,” tandasnya.

“Caranya gimana? Kita akan buat di desa ini lembaga pendidikan dan pelatihan dengan memperdayakan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan, misalnya dari pertanian, perikanan dan perkebunan serta UKM,” jelas Safaruddin.

Menurut dia, merekalah yang akan memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang pertanian, perkebunan dan perikanan. Serta bagaimana manajemen UKM itu bisa maju dan berkembang hingga masuk ke pansa pasar yang lebih luas. “Bila perlu kalau sektor perikanan disini tangkapannya bagus, tidak ada salahnya kita bangunkan pabrik pengolahan ikan dalam kemasan (ikan kaleng),” sebut Safaruddin.

“Insya Allah, bila kami berdua terpilih, akan memberikan perhatian dengan bantuan modal usaha buat warga desa,” imbuh Safaruddin. #Achmad Yusuf

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here