Danrem: “Tingkatkan Pemahaman Wawasan Kebangsaan Yang Luas”

Para Pemenang Lomba Paduan Suara, Baca Puisi dan Tarian Daerah menerima piala dan piagam penghargaan dalam kegiatan Komunikasi Sosial Kreatif di Markas Korem 091/Aji Surya Natakesumah, Samarinda, 25/8/2017 sore tadi. HUMAS KODIM 0912/KABARKUBAR.COM

SAMARINDA – KABARKUBAR.COM
Paduan Suara Komando Distrik Milite 0912/Kutai Barat meraih Juara 3 pada Lomba Paduan Suara digelar Komando Resor Militer 091/Aji Surya Natakesuma, Jumat 25/8/2017. Tim yang diwakili 17 pelajar SMA Negeri 1 Sendawar itu, membawa pulang piala dan piagam penghargaan dari ajang Kegiatan Komunikasi Sosial Kreatif Korem 091/ASN tahun 2017.

Menyanyikan lagu wajib, Bagimu Negeri, dan Lagu Nasional, Leleng,  Paduan Suara di bawah pimpinan Elsi Cantika itu, bersaing dengan 12 tim dari Kodim di jajaran Korem 091/ASN.

Tidak hanya Paduan Suara, 30 orang sebagai utusan Kodim 0912/KBR, juga mengikuti lomba lainnya. Sebanyak 6 pelajar dari SMAN 1 Sendawar, mengikuti Lomba Tarian Daerah. Sayangnya, Tari Jepen yang dibawakan Putra-Putri Kubar itu belum beruntung mendapatkan piala.

“Seorang pelajar SMK Negeri 1 Sendawar, Arbaya, mengikuti Lomba Baca Puisi. Tapi belum berhasil meraih juara. Kami bangga dengan perjuangan anak-anak kita dari Kubar. Soal juara itu bukan tujuan utama, tapi kebersamaan dan untuk meramaikan Komsos Kreatif Korem 091/ASN,” ujar Komandan Kodim 0912/KBR, Letkol Infanteri Hendriawan Senjaya, melalui Pasi Teritorial, Kapten Infanteri Sarno.

Tim Paduan Suara yang diisi 17 Pelajar dari SMA Negeri 1 Sendawar, menyanyikan Bagimu Negeri untuk kategori Lagu Wajib. HUMAS KODIM 0912/KABARKUBAR.COM

Menurut Komandan Korem 091/ASN, Brigadir Jenderal TNI Irham Waroihan, lomba yang digelar tidak semata-mata memperebutkan piala. Tapi menjadi ajang silaturahmi para peserta lomba dengan TNI. Agar terjalin persatuan dan kesatuan yang solid. Juga merupakan wujud kemanunggalan TNI dan Rakyat.

Seiring perkembangan lingkungan strategis saat ini, lanjut Danrem, hakekat ancaman telah mengalami pergeseran. Tidak lagi hanya tertuju pada militer, tapi juga berdimensi pada semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. baik itu bidang ideologi, politik, ekonomi maupun sosial budaya.

“Dengan memahami dan mengerti arti kegiatan hari ini, diharap akan menghidupkan semangat kebangsaan, nasionalisme yang tinggi di segala bidang dan kehidupan yang harmonis,” jelas Brigjend Irham Waroihan.

Danrem berpesan, para generasi muda dan komponen masyarakat, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang wawasan kebangsaan yang luas. “Karena itu merupakan penangkal dari berbagai ancaman yang dapat merusak persatuan dan kesatuan NKRI,” ujarnya dalam acara bertema, ‘Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat dan Profesional, siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian’

Selesai pada Pukul 15.35 Wib, para pemenang pun telah menerima piala dan piagam masing-masing. Untuk Lomba Baca Puisi, dimenangkan Kodim 0901/Samarinda, dan Juara II draih Kodim  0911/Nunukan. Terakhir adalah Kodim 0906/Tenggarong.

Untuk Paduan Suara, keluar sebagai Juara I dari Kodim 0901/Samarinda, Juara II dari Kodim 0908/Bontang, dan Juara III dari Kodim 0912/Kubar. Sedangkan pada Lomba Tari Daerah, dimenangkan Kodim 0901/Samarinda, Juara II dari Kodim 0903/Bulungan dan Juara III dari Kodim 0906/Tenggarong. #Sonny Lee Hutagalung


Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here