Bupati Ajak Masyarakat Kerja Bakti Membangun Kubar

2305_Yapan Buka BBGRM di Melak
KERJA BAKTI: Bupati Kubar FX Yapan didampingi Wakil Bupati Edyanto Arkan, Ketua DPRD Kubar Jackson Jhon Tawi dan Kepala BPMPK Kubar, Kaswi, memukul gong tanda dimulainya Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke-XIII dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 44 tahun. Acara berlangsung di halaman Kantor Kecamatan Melak, Senin 23/5/2016, pagi tadi.   SONNY LEE HUTAGALUNG/KabarKubar.com

MELAK – Bupati Kubar FX Yapan, mengakui gotong royong adalah budaya yang sangat baik dan mesti dipertahankan. Selain telah menjadi salah satu hal yang ditekankan dalam Pancasila, juga terbukti menjadi kegiatan penting dalam pembangunan di masyarakat. Menurutnya, gotong royong dapat dikatakan sebagai modal sosial seluruh masyarakat, bahkan dapat menyelesaikan berbagai hambatan dan tantangan pembangunan ke depan.

Gotong royong inilah yang harus dipertahankan. Tidak hanya pada unit sosial terkecil keluarga atau masyarakat saja, namun juga sebagai modal dasar untuk membangun hari esok Kutai Barat yang lebih baik dari hari ini,” ujarnya dalam pembukaan Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke-XIII dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 44 tahun, Senin 23/5/2016 pagi tadi di halaman Kantor Kecamatan Melak.

Bupati yang didampingi Wakil Bupati Kubar Edyanto Arkan dan Ketua DPRD Kubar Jackson Jhon Tawi, juga menyebut gotong royong sebagai modal dasar membangun Kubar. Sebab kekuatan rakyat Indonesia juga adalah gotong royong. “Saya mewakili Pemkab Kubar sungguh menyadari tanpa adanya gotong royong kami tidak akan bisa mencapai kesejahteraan dan kualitas hidup serta masa depan yang lebih baik. Kami memerlukan adanya bantuan dan kerja sama semua pihak, termasuk masyarakat,” katanya dalam acara bertema ‘Dengan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat XIII Dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 4, Kita Dayagunakan Peran Lembaga Kemasyarakatan Kampung Sebagai Mitra Pemerintah Kampung’.

Dihadiri juga Komandan Kodim 0912/Kubar, Letnan Kolonel Infanteri Handriawan Senjaya, bupati menyebut makna peringatan BBGRM sangat luas bagi masyarakat Kubar. Salah satunya, merupakan upaya pencapaian visi pemerintahan Kubar lima tahun ke depan. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian serta peran aktif seluruh masyarakat. “BBGRM ini merupakan bagian dari intisari Pancasila sebagai dasar Negara kita,” ujar bupati.

Acara tersebut, katanya lagi, menjadi momen penting bagi semua sebagai peneguhan kembali semangat gotong royong dan kebersamaan. Serta peran aktif masyarakat dalam menggalakkan pemberdayaan di segala bidang dan seluruh lapisan masyarakat. Suatu kegiatan yang memiliki nilai-nilai searah dan tujuan. “Bahkan meresapi makna peringatan ini lebih dalam lagi. “Gotong royong harus ditanamkan sejak dini dalam proses pendidikan anak-anak kita,” kata Yapan.

Selaku Panitia BBGRM, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat  dan Pemerintah Kampung Kubar, Kaswi, mengatakan bahwa acara ini akan berlangsung selama sebulan penuh. Dimulai tanggal 23 Mei hingga 23 Juni mendatang. Selain pelaksanaan BBGRM, terdapat sejumlah kegiatan yang dilaksanakan SKPD terkait. Antara lain lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten.

Dalam kesempatan itu, sejumlah bantuan diserahkan kepada 140 Kelompok Tani dan Badan Usaha Milik Kampung se-Kubar. Bantuan berupa alat pertanian, benih tanaman dan bibit ternak tersebut, diserahkan secara simboli kepada perwakilan kelompok tani. Sejumlah Anggota DPRD Kubar dan kepala satuan kerja perangkat daerah turut hadir dalam acara itu.    #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here